PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI DESCRIPTIVE TEXT KELAS X SEMESTER 1 SMK ANTARTIKA 1 SIDOARJO

Main Article Content

Vita Rositawati Iskandar Wiryokusumo Djoko Adi W

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif Team Accelerated Instruction, maka penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe TAI pada materi Descriptive Text di kelas X SMK; (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi Descriptive Text di kelas X SMK. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Adapun yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajar. Model pengembangan yang digunakan berdasarkan model pengembangan oleh Kemp dengan 9 langkah. Subjek penelitian untuk kelas uji coba adalah 31 siswa dan subjek penelitian untuk kelas implementasi adalah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Team Accelerated Instruction berkualitas baik karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. . Aspek kevalidan terpenuhi karena hasil validasi perangkat yang dikembangkan menunjukkan valid dengan rata-rata hasil validasi semua validator untuk setiap aspek minimal 3. Aspek kepraktisan terpenuhi karena skor penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran baik dan siswa terlibat aktif selama mengikuti Keefektifan pembelajaran kooperatif Team Accelerated Instruction menunjukkan capaian efektif karena guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction berkategori baik untuk setiap pertemuan. Respon siswa positif, yaitu 92,31% merespon positif terhadap aspek yang dinilai terhadap pembelajaran model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction. Hasil belajar secara klasikal tuntas, yaitu sebesar 83,33% tuntas belajar dengan nilai rata-rata 77,67.

Article Details

How to Cite
[1]
V. Rositawati, I. Wiryokusumo, and D. W, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI DESCRIPTIVE TEXT KELAS X SEMESTER 1 SMK ANTARTIKA 1 SIDOARJO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 181, Apr. 2019.
Section
Artikel