EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN MENDIAGNOSA SISTEM STARTER MATA PELAJARAN PKKR KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Main Article Content

Aniyah .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) perbedaan pemahaman mediagnosa antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran berbasis video interaktif dan siswa yang diberi perlakuan dengan media gambar, 2) perbedaan pemahaman mendiagnosa antara siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, 3) ada tidaknya interaksi antara penggunaan media pembelajaran berbasis video interaktif dan media gambar terhadap pemahaman mendiagnosa sistem starter pada mata pelajaran PKKR ditinjau dari motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI kompetensi keahlian TKR tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 189 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur pemahaman mendiagnosa dan angket untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa.. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varian (anova) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan pemahaman mendiagnosa antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis video interaktif dan media gambar; 2) ada perbedaan pemahaman mendiagnosa antara siswa yang memiliki motivasi rendah dan motivasi tinggi; dan 3) ada interaksi antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis video interaktif dan media gambar terhadap pemahaman mendiagnosa ditinjau dari motivasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
A. ., “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN MENDIAGNOSA SISTEM STARTER MATA PELAJARAN PKKR KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 217, May 2019.
Section
Artikel