PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA YPM 2 SUKODONO

Main Article Content

Ery Rhomaya Rufii . Achmad Noor Fatirul

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Matematika Realistik yang Valid, Praktis dan Efektif untuk kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA YPM 2 Sikubondo. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik telah mengikuti alur prosedural model 4D (Four D) yaitu define, design, develop dan dessiminate. Pengembangan ini bersifat sistematis karena mengikuti langkah-langkah pengembangan yang terdapat dalam model yang digunakan. Berikut adalah hasil telaah ahli.Telaah ahli menyatakan bahwa RPP dinyatakan falid dengan nilai 92,73% dan materi dalam LKS dinyatakan falid dengan nilai 93,3% serta LKS dinyatakan efektif untuk siswa dengan presentase 91,04%  Berdasarkan hasil telaah ahli isi materi, ahli desain pembelajaran dan teman sejawal bahwa perangkat pembelajaran yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran, modul trigonometri, dan lembar kerja siswa diperoleh kualifikasi sangat baik, sehingga dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah sesuai atau efektif digunakan meskipun harus direvisi pada beberapa komponen untuk kemudian dapat diaplikasikan di SMA YPM 2 Sukodono kelas X.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Rhomaya, R. ., and A. Fatirul, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA YPM 2 SUKODONO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 188, Apr. 2019.
Section
Artikel