PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 2 DAN SMP NEGERI 7 BANGKALAN

Main Article Content

Fahmi Syarofah

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dari penerapan metode discovery learning dan eskpositori terhadap peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas 7. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan metode discovery learning dan eksperimen 2 yang diberi perlakuan metode ekspositori. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 7 Bangkalan sedangkan sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling di mana yang diacak adalah kelas. Teknik pengumpulan data adalah metode tes untuk mengukur hasil belajar PKn. Data dianalisis menggunakan uji t atau t-test. Hasil penelitian dalam taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa nilai t-hitung (3,289) > t-tabel (1,997) atau nilai Sig. (0,002) < 0,05. Dengan demikian, ada perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang mendapat perlakuan metode discovery learning dan kelompok siswa yang mendapat perlakuan metode ekspositori dengan nilai rata-rata hasil belajar PKn kelompok metode discovery learning sebesar 78,82 dan kelompok metode ekspositori sebesar 74,12.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Syarofah, “PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 2 DAN SMP NEGERI 7 BANGKALAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 222, May 2019.
Section
Artikel