PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI KELAS XI SMK

Main Article Content

HANIK SETYOWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran untuk materi transformasi geometri. Adapun yang dikembangkan adalah (1) RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), (2) Lembar Aktivitas siswa (LAS), dan (3) Tes hasil belajar (THB). Proses pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk materi transformasi geometri di kelas XI SMK mengacu pada 4 - D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Dari analisis data disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini berkualitas baik dan memenuhi kriteria yang telah di nyatakan valid oleh validator, terbaca oleh siswa dan guru dan dilakukan uji coba yang memenuhi: (a) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori baikdengan nilai rata-rata 4,32 (b) aktivitas siswa memenuhi toleransi waktu ideal yang ditetapkan , (c) respon siswa terhadap komponen pembelajaran 91,35%, dan (d) tes hasil belajar berkategori baik dan memenuhi

Article Details

How to Cite
[1]
H. SETYOWATI, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI KELAS XI SMK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 227, May 2019.
Section
Artikel