PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 TARIK DAN SMA NEGERI 1 KREMBUNG SIDOARJO

Main Article Content

Tita Rahayu Mustaji . Djoko Adi Waluyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti model Problem based Instruction dan Problem Solving serta gaya belajar tehadap hasil belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarik dan SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Mipa SMA Negeri 1 Tarik dan Seluruh  siswa kelas X Mipa SMA Negeri 1 Krembung. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Two Way Anava dengan uji syarat yaitu uji Normalitas, Uji Homogenitas.Data hasil model pembelajaran diperoleh taraf signifikasi 0.000. Nilai 0.000 tersebut kurang dari 0.05 (Sig 0.000 < 0.05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar pada siswa yang mengikuti model  Problem based Instruction dan Problem Solving pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarik dan SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. gaya belajar diperoleh nilai signifikan 0.000. Nilai 0.000 kurang dari 0.05 (Sig 0.000 < 0.05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti ada perbedaan hasil belajar pada siswa yang memiliki gaya belajar Visual, Auditori dan Kinestetik pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarik dan SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. interaksi antara model pembelajaran serta gaya belajar diperoleh nilai signifikansi 0.000.Nilai siginifikasi 0.000 tersebut kurang dari 0.05 (sig 0.000 < 0.05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi ada pengaruh model Problem based Instruction dan Problem Solving serta gaya belajar terhadap hasil belajar Biologi X SMA Negeri 1 Tarik dan SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Maka dapat disumpulkan ada pengaruh dan interaksi model Problem based Instruction dan Problem Solving serta gaya belajar terhadap hasil belajar Biologi X. Sehinga model Problem based Instruction dan Problem Solving serta gaya belajar dapat dijadikan acuan meningkatkan pembelajaran biologi lebih baik, inovatif serta meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah

Article Details

How to Cite
[1]
T. Rahayu, M. ., and D. Waluyo, “PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 TARIK DAN SMA NEGERI 1 KREMBUNG SIDOARJO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 210, Apr. 2019.
Section
Artikel