PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIK EKONOMI I SEMESTER III PENDIDIKAN EKONOMI IPTS PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Sri Hartini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar Statistik ekonomi I semester III Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan yang terdiri dari 57 mahasiswa. Metode penilitian yang digunakan adalah deskriptip sedangkan teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling dan jumlah sampel 57 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data mengunakan angket dan tes. Data yanng dikumpulkan dianalisis dengan dua cara analisis deskriptip dan analisis kompratif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui gambaran kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Statisik Ekonomi I semester III Prodi  Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan diperoleh nilai sebesar 75.00 Gambaran motivasi ekstrinsik terhadap hasil Statistk Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan di peroleh nilai sebesar 75,88. Sedangkan gambaran hasil belajar Statistik Ekonomi I semester III  Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan, diperoleh nilai sebesar 82,95. Hasil analisis uji hipotesis diketahui nilai Fhitung sebesar 2,859. Kemudian nilai signifikan yang didapat sebesar 0,000 maka diketahui bahwa nilai signifikan (2-tailed)<0,05 atau 0,000<0,05artinya “terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar Statistik Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan”


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar Statistik ekonomi I semester III Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan yang terdiri dari 57 mahasiswa. Metode penilitian yang digunakan adalah deskriptip sedangkan teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling dan jumlah sampel 57 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data mengunakan angket dan tes. Data yanng dikumpulkan dianalisis dengan dua cara analisis deskriptip dan analisis kompratif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui gambaran kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Statisik Ekonomi I semester III Prodi  Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan diperoleh nilai sebesar 75.00 Gambaran motivasi ekstrinsik terhadap hasil Statistk Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan di peroleh nilai sebesar 75,88. Sedangkan gambaran hasil belajar Statistik Ekonomi I semester III  Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan, diperoleh nilai sebesar 82,95. Hasil analisis uji hipotesis diketahui nilai Fhitung sebesar 2,859. Kemudian nilai signifikan yang didapat sebesar 0,000 maka diketahui bahwa nilai signifikan (2-tailed)<0,05 atau 0,000<0,05artinya “terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar Statistik Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan”

Article Details

How to Cite
[1]
S. Hartini, “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIK EKONOMI I SEMESTER III PENDIDIKAN EKONOMI IPTS PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 31, Jul. 2019.
Section
Artikel