KEEFEKTIVITAS HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 BALONGPANGGANG

Main Article Content

Nur Kasanah Rufi’i . Hari Karyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran discovery learning dan metode pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Pkn. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Balongpanggang Kabupaten Gresik. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak di mana sampel tersebut berasal dari populasi yang homogen. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelompok perlakuan yaitu kelompok eksperimen yaitu kelompok yang menggunakan metode pembelajaran discovery learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran make a match. Instrumen penelitian yang digunakan adalah intrumen tes untuk mengukur hasil belajar PKn. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t atau uji beda dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara peserta didik yang mendapat perlakuan metode pembelajaran discovery learning dan peserta didik yang mendapat perlakuan metode pembelajaran make a match. Hasil ini dibuktikan dengan t-hitung (4,319) > t-tabel (2,012) atau nilai sig. (2-tailed) < 0,05 pada dk = 46 dan taraf nyata 5%. Selain itu, nilai rata-rata posttest kelompok metode discovery learning adalah sebesar 79,58 dan kelompok metode make a match adalah sebesar 63,60. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran make a match.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Kasanah, R. ., and H. Karyono, “KEEFEKTIVITAS HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 BALONGPANGGANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 21, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Model dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahar, R. W. (2006). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Harahap, A. S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match pada Siswa Kelas IV SD Negeri 0705 Alogo Pulo Godang. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetsahuan Sosial, volume 1, 5-12.
Huda, M. (2013). Model-model Mengajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Mutmainnah, F., & Gafur, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar PPKn Peserta Didik SMP. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 1-14. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/view/17643
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zuriah, N. (2008). Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif Perubahan. Jakarta. Bumi Aksara.