AKTIVITAS SERANGGA PENGUNJUNG (Insect Visitor) PADA BUNGA SALAK (Salacca sumatrana Becc.) DI KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Main Article Content

Sri Rahmi Tanjung

Abstract

Serangga melakukan kunjungan pada tanaman untuk mencari pakan berupa nektar, serbuk sari dan jaringan bunga. Aktivitas serangga ini untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perilaku kunjungan serangga yang berpotensi sebagai penyerbuk meliputi jumlah kunjungan per satuan waktu dan waktu kunjungan per bunga. Pengamatan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode focal sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tapanuli Selatan yaitu di Kecamatan Angkola Barat dan Marancar yang dilakukan dari bulan Mei - Juni 2017. Perilaku kunjungan untuk spesies Nodocnemis sp yaitu jumlah kunjungan per menit 25,41 (±2,57) bunga/menit  dan waktu kunjungan perbunga 3,27 (±1,61) detik/bunga.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Tanjung, “AKTIVITAS SERANGGA PENGUNJUNG (Insect Visitor) PADA BUNGA SALAK (Salacca sumatrana Becc.) DI KABUPATEN TAPANULI SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 233, May 2019.
Section
Artikel

References

Atmowidi, T. 2008. Keanekaragaman dan Perilaku Kunjungan Serangga Penyerbuk serta Pengaruhnya dalam Pembentukan Biji Tanaman Caisin (Brassica rapa L.: Brassicaceae). [Tesis]. Institut Pertanian Bogor: Bogor.
Dafni, A. 1992. Pollination Ecology: A Practical Approach. Oxford University Press: Inggris.
Kahono, S. & Erniwati. 2012. Keanekaragaman dan Potensi Musuh Alami dari Kumbang Elaeidobius Kamerunicus Faust (Coleoptera: Curculionidae) di Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Zoo Indonesia 21(2):9-15.
Kahono, S. & Erniwati. 2012. Keanekaragaman dan Potensi Musuh Alami dari Kumbang Elaeidobius Kamerunicus Faust (Coleoptera: Curculionidae) di Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Zoo Indonesia 21(2):9-15.
Martin, P. & P. Bateson. 2007. Measuring Behaviour: An Introductory Guide. Ed ke-2. Cambridge: Cambrige University Press. 186 hal.
Siregar, S. H. P. 2016. Inventarisasi Hama pada Tanaman Salak (Salacca sumatrana Becc.) di Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan.[Abstrak].Agriculture. http://scholar.unand.ac.id/6241/. [diakses 12 desember 2016].
Sopian & P. Hidayat. 2006. Jenis dan Habitat “Lalat Mata Bertangkai” (Diptera: Diopsidae) di Bogor. Jurnal Entomologi Indonesia. 3 (2): 94-103.



Wagiman, F.X., F. Efendi. & T. Harjaka. 2014. Dampak Erupsi Merapi 2010 terhadap Serangga Penyerbuk Bunga Salak. [Abstrak]. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia, 18 (1).