EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU

  • Rahmad Fauzi
  • Nunik Ardiana
  • Zuraidah Sani Pohan ipts
Keywords: TAI Learning Model, Mathematical Creative Thinking Ability

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas penggunaan model pembelajaran TAI pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada topik kubus pada siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel 26 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 78 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran TAI adalah 3,21 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata prestasi kubus siswa sebelum menggunakan model pembelajaran TAI adalah 61,03 (kategori adil) dan setelah menggunakan model pembelajaran TAI adalah 88,76 (kategori sangat baik). Selanjutnya berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 16) dan N-Gain, hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05) dan g = 0,77 (efektif tinggi). Artinya, model pembelajaran TAI memiliki efektifitas tinggi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada topik kubus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu.

Published
2020-11-03
How to Cite
Fauzi, R., Ardiana, N., & Pohan, Z. (2020, November 3). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 50-58. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1809