EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DIKELAS VII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU

  • Rosmilan Siregar ipts
  • Rahmatika Elindra
  • Nenni Farida Lubis
Keywords: Mind Mapping Learning Model, Mathematical Creative Thinking Ability

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran mind mapping pada kemampuan berpikir kreatif matematis pada topik aritmatika sosial pada siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Padang Bolak. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel 25 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 77 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran pemetaan pikiran adalah 2,83 (kategori baik) dan (b) rata-rata prestasi aritmatika sosial siswa sebelum menggunakan model pembelajaran pemetaan pikiran adalah 58,88 (kategori adil) dan setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping adalah 84,19 (kategori sangat baik). Selanjutnya,tes, (SPSS versi 16) dan N-Gain, hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05) dan g = 0,81 (efektif tinggi). Artinya, model pembelajaran mind mapping memiliki efektifitas tinggi pada kemampuan berpikir kreatif matematis pada topik aritmatika sosial pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat.

Published
2020-11-03
How to Cite
Siregar, R., Elindra, R., & Lubis, N. F. (2020, November 3). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DIKELAS VII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 81 - 89. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1813