ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MATEMATIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ANDAM DEWI

  • Roslian Lubis Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Deswati Simbolon Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

          

The background of this research is that there are students who have difficulty understanding mathematics and the purpose of the research is to describe personality competence of mathematics teacher at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Andam Dewi. The approach of the research used descriptive qualitative. Questionnaire and interview used in collecting the data. The source of the data includes 10 students (5 students of XI MIA 1 and 5 students of XI MIA 2) and 2 mathematics teachers (1 teacher of XI MIA 1 and 1 teacher of XI MIA 2). Based on the questionnaire sheet shows 1) the average of personality competence of mathematics teacher of XI MIA 2 is 107.5 (good category) and 2) the average of personality competence of mathematics teacher of XI MIA 2 is 106.2 (good category). Furthermore based on interview, personality competence of mathematics teacher at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Andam Dewi is good category.

References

Agustina, Fuadiah. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Dalam Penerapan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Letters of Mathematics Education. Volume, 5 Tahun 2018.
Arikunto. 2014. Prosesdur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Burngin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Dimyati John, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana
Erna Yayuk, Arina Restian & Kuncahyono. 2017. Analisis Kompetensi Guru Di SDN Girimoyo 2 Kabupaten Malang. Jurnal ilmiyah Sekolah Dasar. Volume, 1. Tahun 2017.
Hemi Paujiah Tanjung, Nunik Ardiana dan Sinar Depi Harahap.2020. Efektivitas Model Problem Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Jurnal). Volume, 3. Tahun 2020.
Huda. 2017. Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian. Volume,11 Tahun 2017
Mulyasa.2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Novauli.2015. Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Volume, 3. Tahun 2015.
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Suci Indah Sya’baniah, Oyon Saryono dan Elin Herlina. 2019. Pengaruh Sikap dan Kepribadian Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Bussinnes Management and Entreneurship. Volume, 1. Tahun 2019.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods. Bandung :Alfabeta
Sugiyono, 2018. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardati. 2018. Analisis Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Motivasi Belajar DI MTsS Muhammadiyah-15 Medan. Jurnal Hikmah. Volume, 15 Tahun2018.
Yaumi, Damopolo. 2014. Action Research Teori, Model dan Aplikasi. Kencana Prenamedia Group.
Published
2022-03-01
How to Cite
Lubis, R., Siregar, E., & Simbolon, D. (2022, March 1). ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MATEMATIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ANDAM DEWI. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 96 - 103. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.2680