Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS)

  • Muhammad Rizal Usman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Satriani Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Kelas IX A SMP Negeri 13 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan memberikan tes soal esai pada siswa kelas IX A yang kemudian dari hasil tersebut 3 subjek penelitian berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis kemampuan komunikasi matematis yang memuat 3 butir soal dengan materi lingkaran tipe HOTS dan pedoman wawancara. Hasil penelitian kemampuan komunikasi siswa dalam menyelesaikan soal HOTS yaitu pada ketiga subjek menunjukkan hasil yang berbeda-beda setiap subjek. Subjek S1 memiliki kemampuan komunikasi matematis yang paling tinggi secara tertulis dan lisan dengan mendapatkan 42 skor berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan. Kemudian, subjek S2 mendapatkan 38 skor dan subjek S3 memiliki kemampuan komunikasi matematis yang paling rendah diantara ketiga subjek yang ada yaitu mendapatkan 34 skor. Berdasarkan dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ketiga subjek yaitu S1, S2, dan S3 memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik dalam menyelesaikan HOTS.

References

Kemendikbud. 2018. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mandini.W.G. 2018. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal HOTS Model TIS2S dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 13, No 2.

Permendiknas No 22. Tahun 2016. Tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.
Permendikbud Nomor 81A. Tahun 2013. Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Rachmayani, D. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika. Vol 2, No 1.

Supriadi, N. 2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7, No 1.

Wahyuni, S. 2019. Upaya peningkatan Aktivitas dan prestasi belajar matematika dengan materi luas dan volume kerucut melalui penerapan metode drill di kelas VI SD Negeri Danukulusuman Serangan Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal pendidikan Konvergensi. Vol VII, No 2.
Published
2021-07-01
How to Cite
Usman, M., & Satriani, S. (2021, July 1). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 236-242. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2769