PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BARUMUN

  • Eka Retno Wulandari Universitas Graha Nusantara
  • Nova Christina Dewi Universitas Graha Nusantara
  • Haritsah Hammamah Harahap Universitas Graha Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan antara lain: pertama, mengetahui apakah penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 4 Barumun. Kedua, mendeskripsikan penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 4 Barumun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Model Problem Based Learning pada siklus I diperoleh dengan kategori minimal cukup yaitu sebesar 46,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,5%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 42,4%. Dengan indikator pencapaian telah tercapai ≥ 80%. Kemudian untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh kadar aktivitas siswa sebesar 75,08% “Cukup” pada siklus II 87,27% “Baik”. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 12,19%. Indikator pencapaian telah tercapai ≥ 80%. Sedangkan untuk hasil observasi kemampuan guru pada siklus I dan siklus II diperoleh dengan kategori “Baik”.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewey. 2009. Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Dimiyati, dan Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gagne, 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gardner, Ardhana dkk. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, 2011, Aktivitas - Aktivitas Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, 2008, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, 2009. Hakikat Belajar Matematika. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ibrahim, M. dan Nur, M. 2000. Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Ismail. 2002. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction). Surabaya: University Press.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Morgono, 2005 Metodologi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa, Enco. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nuharini, Dewi, Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Kelas VIII SMP/MTsN. Pusat Perbukuan, Jakarta.
Rusman, 2010. Model – Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia: Konstitusi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Published
2021-11-01
How to Cite
Wulandari, E., Dewi, N., & Harahap, H. (2021, November 1). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BARUMUN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 341-347. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.3141