ANALISIS KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DIKELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 MARANCAR

  • Masdalipa Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Roslian Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: kemampuan disposisi matematis, pembelajaran, media powerpoin

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah keabstrakan matematika yang menyebabkan rendahnya disposisi dalam belajar matematika siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Marancar. Keabstrakan ini menyulitkan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika sehingga siswa membutuhkan adanya perantara atau media agar materi pelajaran tampak konkrit bagi siswa. Disamping itu dengan penggunaan media powerpoint ini diharapkan dapatmemotivasi siswa agar lebih semangat dan terus belajar. Dalam hal ini adalah tentang penggunaan media powerpoint di SMP Negeri 1Marancar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran media powerpoint dikelas VIII-1 SMP N.1 Marancar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan informan penelitian adalah kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Marancar dengan jumlah siswa 21 orang. Kemudian instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah wawancara dengan siswa dan juga angket. Dalam pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Dari hasil penelitian tersebut didapati angket kemampuan disposisi matematis siswa yang mencapai 80,6 dan angket reson siswa terhadap pelajaran media powerpoint dengan kriteria layak pakai dengan perolehan 76,90%.

 

References

Adam, S dan Syastra, M. T.(2015) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda batam. CBIS journal. Vol.3 No. 2 tahun 2015.
Angelis, Barbara. (2003). Confidence (Percaya Diri). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Bimo, Walgito. (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset.
Kilpatrick, J.,Swafford, J., & Findell, B. (Eds). (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Kisner, C & Colby, L.A. 2007. Therapeutic Exercise: Foundations and echniques 5th Edition. Philadelphia: F.A. Davis Company.
Rusman.2012. Model- Model Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.
Syaban, M. (2008). Menumbuhkan daya dan disposisi siswa SMA melalui pembelajaran investigasi. Diakses pada tanggal 27 mei 2011 pada http://www.uai.no/no/content/download/2math.html
Utari Sumarmo, Januari 2010– Hal : 26 Wardani, S. (2009) Meningkatkan emampuan berfikir kreatif dan disposisi matematik siswa SMA melalui pembelajaran dengan pendekatan model Sylver. . Diakses pada tanggal 27 mei 2011 pada ttp://www.matedu.cinvestav.mx/adalira.pdf
Wardani, S. (2002) Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematka melalui Model kooeratif Tipe Jigsaw. . Diakses pada tanggal 27 mei 2011 pada http://www.matedu.cinvestav.mx/adalira.pdf
Published
2022-11-01
How to Cite
Harahap, M., Siregar, E., & Lubis, R. (2022, November 1). ANALISIS KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DIKELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 MARANCAR. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 87-93. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3955