PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN ALAT PERAGA LONCAT KATAK PADA POLA BARISAN BILANGAN DI SMP NU AL AFFANIY DALEMAN GALIS

  • Syafiyah Syafiyah SMP NU Al Affaniy Daleman Galis
  • Ria Faulina STKIP PGRI Bangkalan
  • Dwi Ivayana Sari STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: peningkatan motivasi, peningkatan hasil belajar, pembelajaran terbimbing

Abstract

Model pembelajaran terbimbing adalah model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, peserta didik juga dilatih mengembangkan kemampuan berpikir, peserta didik dilatih berpikir kritis. Selain itu, dapat membangkitkan gairah belajar pada peserta didik. Motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa terhadap materi pola bilangan mengalami peningkatan karena melalui pembelajaran terbimbing dengan menggunakan alat peraga loncat katak siswa kelas VIII di SMP NU Al Affaniy tambah bersemangat untuk belajar matematika. Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi pola bilangan melalui pembelajaran terbimbing dengan menggunakan alat peraga loncat katak di kelas VIII SMP NU Al Affaniy, penelitian ini melakukannya dengan cara perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus yang digunakan dalam perencanaan ini ditentukan oleh tingkat keberhasilan siklus sebelumnya. Jika pada siklus tertentu sudah didapatkan hasil yang diharapkan, maka tidak perlu dilakukan siklus selanjutnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP NU Al Affaniy, subjek penelitian ini dipilih berdasarkan permasalahan yang terjadi pada siswa kelas VIII SMP NU Al Affaniy. Berdasarkan paparan data diatas, hasil penelitian,dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa SMP NU Al Affaniy di desa Daleman kecamatan Galis mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran terbimbing pada materi pola barisan bilangan yang dengan penggunaan alat peraga loncat katak dimana ketuntasan klasikal pada siklus I hanya 62,5% dan ketuntasan pada siklus II menjadi 100% dan motivasi belajar siswa pada siklus I hanya 69% meningkat menjadi 98% pada siklus II dalam pembelajaran matematika pada materi pola barisan bilangan di SMP NU Al Affaniy kelas VIII.

References

Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Rangkuman Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP. 2006.
Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2006.
Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2007.
Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widiyanti, T., & TG, S. (2010). Pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran matematika SMP diklat SMP dasar. Yogyakarta: pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika.
Depdikbud, (2001). Kurikulum Pendidikan Dasar: Kurikulum KTSP SD/MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Puskur Depdiknas: Jakarta.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 (edisi revisi). Buku Guru kurikulum 2013 Matematika kelas VIII semester I. Jakarta Kemendikbud.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017 (edisi revisi). Buku Siswa kurikulum 2013 Matematika kelas VIII semester I. Jakarta Kemendikbud.
Yoga Dwi Windy Kusuma Ningtyas. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Mahameru Press.
Prastowo, A. 201014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik : tinjauan teoritis dan praktik. Jakarta: Prenadamedia Jember.
Snaky, H. A. 2011, Media Pembelajaran : buku pegangan wajib guru dan dosen. Yokyakarta: Kaukaba.
Sasongko, H. W., & Rudianto, Y. 2016. Guru pembelajar modul matematika SMP : pemanfaatan media dan pengembangan media pembelajaran. Jakarta: Direktorat pembinaan guru pendidikan dasar, Direktorat jendral guru dan tenaga kependidikan.
Depdiknas. 20108. Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Departemen pendidikan nasional.
Daryanto. 2013. Menyusun model bahan ajar untuk persiapan guru mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Wijaya, A. 2012. Pendidikan matematika: suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sumarni S, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari, Jurnal Nalar Pendidikan, ISSN: 2339-0749 Vol. 5 No. 1 (Januari, 2017), h. 463
Sundayana, R.(2016). Media dan alat peraga dalam belajarmatematika: untuk guru, calon guru, orang tua, dan pencinta matematika. Bandung: Alfabeta
Sumardyono, Suwaji, U. T., & Wibawa, A.D.(2011) Buku petunjuk penggunaan alat peraga matematika. Yogyakarta Pusat: Pengembangan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2017(edisi revisi). Buku Guru Kurikulum 2013 Matematika kelas VIII semester 1. Jakarta: kemdikbud
Published
2022-11-01
How to Cite
Syafiyah, S., Faulina, R., & Sari, D. (2022, November 1). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN ALAT PERAGA LONCAT KATAK PADA POLA BARISAN BILANGAN DI SMP NU AL AFFANIY DALEMAN GALIS. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.4322