EFEKTIFITAS PENDEKATAN OPEN ENDEDTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SMA

  • destina nasution IPTS TAPSEL
  • Sari Wahyuni Rozi Nasution
  • Mutiara Siagian
Keywords: Kata-kata kunci: Pendekatan open ended, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan open ended terhadap hasil belajar siswa materi besaran dan satuan di Kelas X SMA. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain two group pre-test post-test Desing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA  yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik randam sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh: Penggunaan Pendekatan Open ended  menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 87,07% berada pada kategori “Sangat Baik”; Hasil belajar siswa menggunakan  tes soal dengan nilai persentase sebesar 80,00% berada pada kategori “Baik” pada kelas eksperimen dan persentase sebesar 47,50% berada pada kategori “Kurang” pada kelas kontrol.; dan Penggunaan pendekatan open ended efektif terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung < ttabel  (6,41 > 1,66) dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya yaitu  pendekatan open ended efektif terhadap hasil belajar siswa materi besaran dan satuan di kelas X SMA.

 

Kata-kata kunci: Pendekatan open ended, hasil belajar

 

Published
2021-02-18