ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GADGET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 HUTABARGOT

  • Nur Halimah Rangkuti Insitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rizky Amelia Dona Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Emmi Juwita Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Katakunci: Media Gadget, Pretasi Belajar

Abstract

Abstrak. Pendidikan pada dasarnya merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan
potensi dirinya, sehingga dapat menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Melalui pendidikan, manusia dapat
meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kreatifitas terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Hutabargot Lombang Kabupaten Mandailing
Natal. Waktu penelitian ini bulan Maret sampai dengan April 2021. Jenis penelitian penelitian ini menggunakan
metode deskriptif.Objek penelitian ini siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Hutabargot.Teknik pengumpulan
data adalah prosedur sistematis dan standar untuk memperoleh data yang diperlukan. Hasil penelitian diperoleh
data yang lengkap tentang hasil wawancara, angket, dan dokumentasi penggunaan media gadget ditemukan
nilai rata-rata 45% berada pada kategori sanagat rendah.Berdasarkan hasil yang ditujukan kepada siswa peneliti
peroleh jumlah persentase siswa diperoleh sebanyak 45% berada pada kategori sangat rendah, berdasarkan
pemanfatan aplikasi belajar peroleh jumlah persentase siswa sebanyak 50% berada pada kategori rendah,
berdasarkan frekuensi penggunaan gadgetjumlah persentase siswa diperoleh sebanyak 30% berada pada
kategori sangat rendah.Kepada siswa, supaya tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran secara daring
walaupun materi yang dipelajari sulit dan susah dimengerti, dengan minat dan motivasi yang kuat segalanya
akan berjalan dengan maksimal.

Published
2021-05-05