ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 PADANGSISDIMPUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Widiah Simamora Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Nabilah Siregar
  • Nurul Husna Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring dikelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 25 Maret 2021- 16 April 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA2 berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan angket dalam bentuk Skala Guttman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa, pada indikator adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil 67% dengan kategori rendah, indikator adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar 65% dengan kategori rendah, indikator adanya harapan dan cita-cita masa depan 74% dengan kategori tinggi, dan indikator adanya penghargaan dalam belajar 79% dengan kategori tinggi. Pada indikator penghargaan dalam belajar berada pada indikator tertinggi dengan nilai 79%. Hal ini disebabkan karena guru memberikan pujian untuk membangun motivasi siswa. Sedangkan nilai terendah berada pada indikator adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar dengan kategori rendah. Hal ini disebabkan karena siswa malas untuk mengikuti pembelajaran daring, sehingga membuat siswa malas untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya dengan baik. Berdasarkan uraian diatas diperoleh nilai rata-rata sebesar 71% dengan kategori tinggi yang menunjukkan bahwa motivasi belajar pada pembelajaran daring dikelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padangsidimpuan tinggi.

Kata Kunci: Analisis, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring

Published
2021-05-01