UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA

Main Article Content

Sukriadi Hasibuan

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan kreativitas siswa di SD Swasta Perguruan Sariputra disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran matematika menggunakan Pemecahan Masalah Model Polya di SD Swasta Perguruan Sariputra. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V, yang berjumlah 30 orang. Instrumen  penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kreativitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa diperoleh rata-rata persentase yaitu pada siklus I dari 46,87% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,58% Disamping itu, rata-rata nilai hasil belajar siklus I sebesar 65,83% meningkat pada siklus II menjadi 82,16% peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 16,33%. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V  pada pembelajaran matematika SD Swasta Perguruan Sariputra Padangsidimpuan


 

Article Details

How to Cite
[1]
S. Hasibuan, “UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 1, p. 16, Feb. 2018.
Section
Artikel