EFEKTIFITAS TEKNIK PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIIII SMP NEGERI 1 TAMBANGAN T.A.2015-2016
Main Article Content
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Sejauh manakah hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambangan Tahun Pembelajaran 2015-2016 dengan menggunakan teknik pendekatan pragmatik? (2) Sejauh manakah efektivitas pendekatan pragmatik terhadap hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambangan Tahun Pembelajaran 2015-2016? (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan menggunakan pendekatan pragmatik terhadap hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambangan Tahun Pembelajaran 2015-2016.Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan sejauh manakah hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambangan Tahun Pembelajaran 2015-2016 dengan menggunakan pendekatan pragmatik. (2) Untuk mendeskripsikan sejauh manakah efektivitas pendekatan pragmatik terhadap hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambangan Tahun Pembelajaran 2015-2016. (3) Untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh yang signifikan menggunakan pendekatan pragmatik terhadap hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambangan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuasi eksperimen. Dalam pelaksanaan penelitian ini penulis melakukan ekpsrimen tentang dua pendekatan pembelajaran keterampilan berbicara yang berbeda dimana kelompok eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan pendekatan pragmatik sedangkan kelompok kontrol tanpa menggunakan pendekatan pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Penerapan teknik pendekatan pragmatik efektif dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa SMP Negeri 1 Tambangan Tahun Pembelajaran 2015-2016” Dibandingkan dengan kriteria penilian yang telah diajukan sebelumnya, dan ternyata nilai uji thitung lebih besar daripada ttabel, sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian penerapan teknik pendekatan pragmatik efektif dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambangan Tahun Pembelajaran 2015-2016.