EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DI SMPN 8 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Roslian Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat keefektivan antara penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis Siswa di SMPN 8 Padangsidimpuan. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII SMPN 8 Padangsidimpuan yang berjumlah 271 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut yang terpilih kelas VIII-1 yang berjumlah 28 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest posttest, yakni untuk melihat kemampuan spasial matematis siswa dengan pengukuran sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi dan Tes. Untuk menganalisis data digunakan Analisis butir soal, deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis statistik menggambarkan bahwa nilai rata-rata Penggunaan Model Pembelajaran MMP yaitu 8 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Kemampuan penalaran matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran MMP nilai rata-rata 60,51 termasuk dalam kategori Cukupsetelah menggunakan model pembelajaran MMP mencapai nilai rata-rata sebesar 85,41 termasuk dalam kategori Baik Sekali. Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,005. Besarnya Keefektivan model pembelajaran MMP terhadap kemampuan spasial matematis siswa dengan presentasi 0,63 masuk dalam kategori Sedang. Artinya terdapat efektivitas yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Missouri MMP terhadap kemampuan spasial matematis siswa di SMPN 8 Padangsidimpuan.


 

Article Details

How to Cite
[1]
R. Lubis, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DI SMPN 8 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 1, p. 76, Aug. 2017.
Section
Artikel

References

Ahmad, M. & Asmaidah, S (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Mosharafa. 6(3). pp : 373-384
Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Astuti. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif. 5.. 71. pp. 68-75.
Hamimah, Siti. (2018) Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Creative Problem Solving ( CPS ) melalui Macromedia Flash 8 ditinjau dari siswa SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Jurnal MathEdu ( Mathematic Education Journal ).
Hutagalung, Arini dan Harahap, M.S. (2018). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di SMP Negeri 1 Pinangsori. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol 1, No. 1. pp : 15-23
Mama, H.U. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Sins Manajemen. Vol. 9. No. 2.
Mariani, S. (2014). Effectiveness Of Learning With The PBL Assisted Mathematical Pop Up Book On Spatial Abilities In Class VIII On Subject Geometry. International Journal of Education and Research.. 2(8). pp : 531-548.
Rangkuti, Nizar, Ahmad. (2014). Statistikuntuk Penelitian Pendidikan. Bandung : Cita Pustaka Media.
Setiawan. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT. Bumi Aksara