UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA ‘SPEAKING ( BERBICARA )’ MELALUI ‘METODE DEBAT PLUS’ DI KELAS X ADM 1 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018 SMK NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Ismail .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang: 1) motivasi siswa meningkat dalam mempelajari keterampilan ‘Speaking ( berbicara )’  dengan Menggunakan ’Metode Debat Plus’ di Kelas X ADM  1 Semester 2 Tahun Pelajaran 2017 / 2018 SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dengan ‘Metode Debat Plus’, 2). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ADM  1 semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 SMK Negeri 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah tes lisan dan tetulis. Tes digunakan untuk memperoleh data  dan untuk mengetahui prestasi belajar melalui test lisan dan tertulis dan prakteknya melalui debat yang real. Dari hasil data diketahui bahwa nilai rata-rata penguasaan materi pembelajaran keterampilan ‘speaking ( berbicara )’ siswa  melalui ‘metode debat plus’ di kelas X ADM 1 semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 SMK Negeri 1 Padangsidimpuan adalah 32 peserta didik yang berhasil memperoleh ≥ 75 sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) dari siswa yang dijadikan sampel sebanyak 36 peserta didik atau setara dengan keberhasilan 88,64 % terampil pada ‘speaking ( berbicara )’, yaitu dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, maka hipotesis yang ditegakkan diterima kebenarannya. Artinya ketetampilan siswa meningkat yang signifikan pada keterampilan ‘speaking ( berbicara )’ dengan menggunakan ‘metode debat plus’ di kelas X ADM 1 semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 SMK Negeri 1 Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
I. ., “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA ‘SPEAKING ( BERBICARA )’ MELALUI ‘METODE DEBAT PLUS’ DI KELAS X ADM 1 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018 SMK NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 1, p. 93, Jan. 2019.
Section
Artikel

References

Alhadar. 2009, Menerobos Budaya Bisu: Panduan Media Komunikasi Rakyat, Jakarta: P3M
Arsyad, Azhar. 2003, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksar.a
Asnawir dan Basyirudin Usman. 2002, Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.
Deni, Arisandi. 2011, Manfaat Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran.http://arisandi.com/manfaat-penggunaan-video-sebagai-media-pembelajaran/. Diakses tanggal 20 April 2013
Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik Oemar.2001.Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Jalal, M.F.2006.Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang: Malang.