PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA

Main Article Content

Yakin Niat Telaumbanua

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 3 Gunungsitoli, yaitu kemampuan koneksi matematis siswa masih rendah.Hal ini mendorong peneliti untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika berbasis strategi metakognitif.Pengembangan modul matematika ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey.Kriteria kevalidan dan keefektivan digunakan oleh peneliti untuk menentukan modul matematika yang baik. Validasi modul yang dilakukan oleh tiga orang ahli dan dua orang praktisi memperoleh nilai rata-rata total validitas adalah 4,58 dengan kriteria valid. Modul matematika berbasis metakognitif dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMA Negeri 3 Gunungsitoli yang dikembangkan adalah efektif. Pada uji coba I diperoleh hasil tes kemampuan koneksi matematis dengan nilai rata-rata 2,73 dan pada uji coba II diperoleh hasil tes kemampuan koneksi matematis dengan nilai rata-rata 3,16. Berdasarkan hasil tes kemampuan koneksi matematis pada uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Telaumbanua, “PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 1, p. 98, Jan. 2019.
Section
Artikel

References

Aljaberi,N.M., & Gheith, E. (2015). University Students’ Level of Metacognitive Thinking and their Ability to SolveProblems.American International Journal of Contemporary Research.Vol. 5 (3).
Anggo, Mustamin. (2011). The Metacognitive Proses of Teachers College Students in Solving Mathematical Problems.Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University.Proceeding. ISBN: 978-979-16353-7-0. Kendari : FKIP Universitas Haluoleo.
Devesh, S., Nasseri, D. AL. (2014).Effectiveness of Mathematics Module in Foundation Programme in Majan College.International Journal of Emerging Engineering Research and Technology. Vol.2, Issue 1:1-7.
Dick, W., Carey,L., & Carey, J.O. (2005). The Systematic Design of Instruction, Sixth Edition.Boston.
Hendriana, H., Slamet, U. R. & Sumarno, U. (2014). Mathematical Connection Ability And Self-Confidence (An Experiment On Junior High School Students Through Contextual Teaching And Learning With Mathematical Manipulative). International Journal of Education.Vol. 8 (1).
Lasmiyati, Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9 (2): 161-174.
Mendiknas.(2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
NCTM.(2000). Principles and Standards for School Mathematics.Reston, VA: NCTM.
Ozgen, Kemal. (2013). Self-Efficacy Beliefs in Mathematical Literacy and Connections Between Mathematics and Real World: The Case Of High School Students. Journal of International Education Research – Fourth Quarter.Vol. 9 (4).
Saminanto&Kartono. (2015). Analysis of Mathematical Connection Ability in Linear Equation With One Variable Based on Connectivity Theory.International Journal of Education and Research.Vol. 3 (4).
Sengul, Sare & Yasemin, Katranci.(2015). Meta-cognitive Aspects of Solving Indefinite Integral Problems.Elsevier, Procedia Social and Behavioral Sciences. 197:622-629.
Suparman, M. Atwi. (2014) Desain Instruksional Modren.Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Özcan, Z. Ç. & Erktin, E. (2015). Enhancing Mathematics Achievement of Elementary School Students through Homework Assignments Enriched with Metacognitive Questions. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education.Vol. 11(6): 1415-1427.