PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN

Main Article Content

Hendrik Kuasa Sihura

Abstract

Untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Telukdalam, Untuk mengetahui pengaruh perencanaan SDM terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat TelukdalamUntuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan perencanaan SDM secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Telukdalam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan yang berjumlah sebanyak 24orang yang terdiri dari 8 orang Pegawai Negeri Sipil dan 32orang Honorer. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil sebagai berikut variabel Lingkungan Kerjasecara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Dengan nilai thitung (8,561) > ttabel (1,697) dan tingkat signifikansi 0,000 < (0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya variabel Lingkungan Kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Selanjutnya variabel Perencanaan Sumber Daya Manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai yang ditunjukkan oleh nilai thitung (11,300) >ttabel (1,697) dan tingkat signifikan sebesar 0,000< 0,05, maka keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak dengan arti bahwa varibel Perencanaan Sumber Daya Manusia (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan.Variabel Lingkungan Kerja,Perencanaan Sumber Daya Manusia secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Dengan nilai Fhitung sebesar 329,258> nilai Ftabel sebesar 3,33 pada df numerator 2, df deminator 29 pada α = 5% (0,05). Artinya bahwa semua variabel bebas (Lingkungan Kerja dan Perencanaan Sumber Daya Manusia) mampu menjelaskan variabel bebas (Kinerja Pegawai) dengan kata lain variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat pada tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Lingkungan Kerjasecara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai (2)Perencanaan Sumber daya Manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap  Kinerja Pegawai (3) Lingkungan Kerja,Perencanaan Sumber Daya Manusia secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai

Article Details

How to Cite
[1]
H. Sihura, “PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 216, Jan. 2019.
Section
Artikel

References

Amstrong, Michael. 2003. Managing People. Jakarta: Gramedia.
Ardana I Komang, Mujiati, Ni Wawayan dan Utama, I Wayan Mudiartha, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu.
As’ad Moh. (2001). Seri Ilmu SDM: Psikologi Industri Edisi Keempat Yogyakarta: Liberty.
Dewi Sarita Permata, 2012, Pengaruh Pengendalian Internal Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan SPBU Yogyakarta (Studi Kasus Pada Spbu Anak Cabang Perusahaan RB.Group ) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Nominal / Volume I Nomor I / Tahun 2012.
Dharma, Surya, 2011, Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gujarati, Damodar. 1978. Ekonometrika Dasar. Alih Bahasa: Zain, Sumarno. Jakarta : Erlangga.
L. Daft, Richard, 2007, Manajemen, Salemba Empat: Jakarta.
Mondy. 2008. Manajemen dan Penilaian Kinerja. Bandung: PT Refika Aditma.
Nanawi, H. Hadari, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis Yang Kompentitif, Yogyakarta : Gaja Mada University Press.
P. Siagian, Sondang, 1992, Manajemen Internasional, Cetakan II, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Rivai, Veithzal, dan Sagala, Jaufani, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sangadji E.M, dan Sopiah, 2010, Metodologi Penelitian-Pendekatan praktis Dalam Penelitian, Yokyakarta: C.V Andi Offset.
Sedarmayanti, 2001. Sumber Daya Manusia & Produktivitas Kerja. Mandar Maju: Bandung.
Setyawan, Mulyadi, Johny, 2001. Sistem Perencanaan dan PengendalianManajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Sofyan, Diana Khairani, 2013, Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai BAPPEDA, Malikussaleh Industrial Engineering Journal Vol.2 No.1 (2013) 18-23 ISSN : 2302 934X.
Sofyandi, Herman. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
S. Nitisemito, Alex, 1982, Management, cetakan II, Jakarta : Ghalia Indonesia.
S.P. Hasibuan, Melayu, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
_______, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
STIE Nias Selatan, 2013, Pedoman Penulisan Skripsi (Program Studi Manajemen): STIE Nias Selatan.
Subekhi, Ahmad dan Jauhar M, 2012, Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Prestasi Pustaka, Jakarta.
Suliyanto. 2008. Teknik proyeksi bisnis, Yogyakarta: ANDI.
Sutrisno, Edy, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Prenada Media Group.
_______, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Prenada Media Group.
_______, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Prenada Media Group.
Supranto, J., 2009, Statistik Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Umam. 2010. Manajemen Kinerja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widodo, 2006, Cerdik Menyusun Proposal, BPFE, Yogyakarta.
Widyaningrum Ida Ayu, 2012, Pengaruh Konflik Peran Ganda Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Wanita Pada Swalayan Era Mart 5000 Di Samarinda Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.
Wahyudi Amin, 2006, Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Informasi Komunikasi Kehumasan Kabupaten Boyolali, Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Vol. 1 No. 1 Desember 2006 : 1 – 14.