PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Main Article Content

Mohammad Faridl Darmawan Afif Kholisun Nashoih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran menggunakan perangkat smartphone android yang dikenal dengan istilah mobile learning, serta mengetahui tingkat efektifitas media tersebut dalam pembelajaran bahasa Indonesia, selain juga berfungsi sebagai piranti yang mendukung pembelajaran blended learning. Penelitian ini mengadopsi model penelitian pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 tahap. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument observasi, kuesioner, dan tes. Tahap analisis data dilakukan pada hasil validasi ahli materi dan ahli media melalui lembar kuesioner, serta digunakan untuk menganalisis uji kompetensi kognitif guna mengetahui tingkat efektifitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mobile learning dinyatakan valid serta layak dijadikan sebagai media pembelajaran, berpijak pada validasi ahli media dan materi dengan rata-rata skor mencapai 3.46, sehingga dinyatakan layak. Sementara hasil uji coba menunjukkan adanya efektifitas media melalui skor pretes dan postes yang mengalami peningkatan sebesar 26.71, dengan nilai rata-rata pretes sebesar 52.39 dan postes 79.10. Angka tersebut menunjukkan bahwa penerapan media mobile learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, serta mendukung model pembelajaran blended learning.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Darmawan and A. Nashoih, “PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 10, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

Atmazaki. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentik. Proceeding of The International on Languages and Arts FBS Universitas Negeri Padang. Hlm 15-22.
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Surahman, Ence dan Surjono, Herman Dwi. Pengembangan Adaptif Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 4, No. 1, April 2017, hlm. 26-37.
Alwan, Muhammad. Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo untuk Mata Pelajaran Geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 4, No. 1, April 2017, hlm. 65-76.
Rekkedal, T., & Dye, A. 2009. Mobile Distance Learning With PDAS: Development and Testing of Pedagogical and System Solution Supporting Mobile Distance Leaners. Norwegia: AU Press.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rinasih, dkk. Pengembangan Mobile Learning Mata Pelajaran Biologi Berbasis Science, Technology, and Society (STS) Untuk Kelas X SMAN 1 Kampak Trenggalek. Jinotep, Vol. 4, No. 1, Oktober 2017.