IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN SPEAKING USING SCIENTIFIC APPROACH OF EIGHTH GRADE OF SMPK PANTI PARAMA PANDAAN

Main Article Content

Maria Orsela Dwi Mudyastuti J. Priyanto Widodo

Abstract

Artikel ini membahas pengembangan kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan Scientific Approach untuk siswa kelas delapan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan Pendekatan Ilmiah. Penelitian dilakukan dalam dua siklus menurut Classroom Action Research. Dengan metode ini, peneliti dapat melakukan penelitian dengan baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Scientific Approach dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara di kelas delapan SMPK Panti Parama Pandaan.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Mudyastuti and J. P. Widodo, “IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN SPEAKING USING SCIENTIFIC APPROACH OF EIGHTH GRADE OF SMPK PANTI PARAMA PANDAAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 28, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

Agustinus, Ngadiman (2015). Metode Penelitihan Pengajaran Bahasa. Sidoarjo: Tim Laros
Agustinus, Ngadiman (2019). The Study of Reading in EFL Contexts. Sidoarjo: Tim Laros
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bogdan,R.C.,& Biklen,S.K.(1992). Qualitative research for education : Anintroduction to theory and methods. Boston : Allyn&Bacon.
Creswell,J.W.(2010). Research Design:Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Creswell,J.W.(2012). EducatinalResearch :Planning, Conducting,and Evaluating Qualitative, Quantitative Research. Fourth Edition. Boston: Pearson.
Douglas, H. Brown. 2004. Language Assessment Principles and Classroom Practices. New York: Longman.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2018). Modul PelatihanImplementasi Kurrikulum 2013.
Falenti,E. (2012). A Classroom Action Research at the Ninth Grade Students.Surakarta.
Harmer, Jeremy. 1983. The Practice of English Language. New York: Longman.
Harmer, J. 2002. The Practice of English Language Teaching. London: Longman
Harmer, Jeremy. 2007. How to teach English. England: Pearson Education Limited.
Kemmis,S & Wilkinson,M.(1998). Participatory action research and the study of practice. Dalam B.Atweh,S. Kemmis,&P. Weeks (Editor), Action research in practice: Partnerships for social justice ineducation. NewYork: Routledge.
Kemmis,S.,& McTaggart,R.(200). Participatory action research. Dalam N. K. Denzin & Y.S. Lincoln(Editor), Handbook of Qualitative research (edisi ke-2). Thousand Oak.CA:Sage.
Nunan, D. 1991. Language Teaching Methodology: A Textbook for Teachers
Englewood Cliffts: Prentice Hall.
Nunan, D. 2003. Practical English Language Teaching. New York: McGraw-Hill
Widodo. (2004).Cerdik Menyusun Proposal Penelitian: Skripsi,Tesis dan Disertasi dilengkapi contoh.Seri Penelitihan Ilmiah I. Jakarta : MAGNA Script.