UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBUATAN LAGU PADA SISWA KELAS VIISMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017

Main Article Content

Ermin Simarmata

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII denganjumlah 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklusterdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar melalui pembuatan lagu menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapaiketuntasan 63% dengan nilai rata-rata siswa 65, sedangkan pada siklus II menunjukkanpeningkatan yang cukup tinggidengan ketuntasan mencapai 82,3% dan nilai rata-rata siswa 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kreativitas dan hasil belajar melalui pembuatan lagu padasiswa kelas VIISMP Negeri 5 Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Simarmata, “UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBUATAN LAGU PADA SISWA KELAS VIISMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 215, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006: 40. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Brian dan Paul Birch. 2001. 76 Cara Instan Meningkatkan Kreativitas Anak. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
-------- 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
-------- 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
-------- 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Evans, James. 1994. Berfikir Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara
Esa Putra, Adjie. 2008. Model Model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
Johnson, E.B. (2011). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.
Martopo. 2006. “Paradigma Baru Pendidikan Seni”, Jurnal Harmonia Volume VII. Semarang: FPBS UNNES.
Munandar, S.C.U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT. Gramedia.
Purwanti, Ruth Dwi. 2006. Teknik Pernafasan dan Olah Vokal, Makalah. Yogyakarta: Sekolah Menengah Musik.
Rezeki, D.P. (2012). Analisis Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematik antara Siswa yang diberi Pembelajaran Open-Ended dengan Pembelajaran Konvensional. Medan: Tesis PPs UNIMED. Tidak diterbitkan.
Rudi, MY. 2008. Panduan Olah Vokal. Yogjakarta: PT. Media Pressindo. Rochaeni. 1989. Seni Musik III. Bandung.: Ganesa Exact.
Santoso, Rukky. 2002. Mengembangkan Otak Kanan Anak-Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soenarno, Adi. 2006. Creativity Games. Yogyakarta: Penerbit Andi. Sudarsono. 1991. Pendidikan Seni Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sukohardi. 1987. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.