PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 200117 SADABUAN

Main Article Content

Ernidawati .

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 65. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional hingga siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi salah tersebut diterapkan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 200117 Sadabuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif kuantitatif Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas atan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2017/2018 di SDN 200117 Sadabuan. Data penelitian inidikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasj dan basil tes.Berdasarkan hasil penelitian dan pcmbahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1) Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika di kelas V SDN 200117 Sadabuan. 2) Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas V SDN 200117 Sadabuan.

Article Details

How to Cite
[1]
E. ., “PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 200117 SADABUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 210, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

Amir, M. Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
_____________. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayat, Syamsul. 2005. Rumus-Rumus Matematika (Berhitung). Surabaya: Apolo.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ronis, Diane. 2009. Problem Based Learning. Jakarta: Indeks.
Rusman. 2011. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas: Jakarta: Kencana Perdana Media Group
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka
Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Woolfolk, Anita E. 2010. Educational Psychology. USA: Allyn and Bacon.