PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK TAHUN 201
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru kelas dalam pengelolaan pembelajaran SD Negeri 200111 Padangsidimpuan setelah dilakukan tindakan supervisi/pembinaan. Penelitian dilakukan pada semester I, tepatnya pada bulan Juli – Nopember 2014. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas di SD Negeri 200111 Padangsidimpuan dengan jumlah 6 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil supervisi edukatif siklus I dan siklus II kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai 71,98 % sedangkan siklus II 92,44 %. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 75,49 % sedangkan siklus II mencapai 93,81 %. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 81,3 % sedangkan siklus II 90,56 %. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 54 % sedangkan siklus II 59,76 %. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 83 %. Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru meningkat dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa.
Article Details
References
_____________. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayat, Syamsul. 2005. Rumus-Rumus Matematika (Berhitung). Surabaya: Apolo.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ronis, Diane. 2009. Problem Based Learning. Jakarta: Indeks.
Rusman. 2011. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.