PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK SECARA TERTULIS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA DONGENG PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017

Main Article Content

Milawati .

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menyusun teks cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menyusun teks cerita pendek peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-11 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Peneliti memperoleh data dari teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes keterampilan menyusun teks cerita pendek. Teknik nontes diperoleh dari observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menyusun teks cerita pendek dapat ditingkatkan dengan menggunakan model discovery learning dan media dongeng. Secara proses, keberhasilan proses pembelajaran ini ditunjukkan dengan peningkatan keantusiasan peserta didik, keaktifan peserta didik, keinstensifan proses pembelajaran, kondisi kondusif peserta didik, dan sikap reflektif peserta didik yang terlihat perubahannya dari tahap siklus I ke tahap siklus II yang menunjukkan bahwa peserta didik sudah bisa menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran. Nilai rata-rata tes keterampilan menyusun teks cerita pendek pada siklus I yang hanya memperoleh nilai rata-rata 1,83 mengalami peningkatan sebesar 1,48 atau 80,32% menjadi 3,30 pada siklus II. Perolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menyusun teks cerita pendek menggunakan model discovery learning dan media dongeng dapat dikatakan berhasil.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk menggunakan model discovery learning dan media dongeng sebagai alternatif pembelajaran menyusun teks cerita pendek.

Article Details

How to Cite
[1]
M. ., “PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK SECARA TERTULIS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA DONGENG PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 200, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

Ampera, Taufik. 2010. Pengajaran Sastra. Bandung: Widya Padjadjaran.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Rajawali Press.
Budiman, Sumiati. 1987. Sari Sastra Indonesia. Surakarta: Intan Pariwara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriyana, Dewi Ika. 2011. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Berita dengan Metode Latihan Terbimbing Siswa Kelas X-3 SMA N 1 Rembang Purbalingga”. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Kurniawan, Heru dan Sutardi. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusmayadi, Ismail. 2010. Lebih Dekat Dengan Cerpen. Jakarta: Kreasindo.
Marwati, Wela Dwi. 2013. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X-2 dengan Model Pembelajaran Sinektik SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga”. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Rembang: Yayasan Adigama.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Setyaningsih, Nas Haryati. 2011. Apresiasi Prosa Indonesia. Diktat Kuliah.
Subana, M dan Sunarti. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Timur, Rosiyadi Yudha. 2013. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Media Feature pada Siswa Kelas X-5 SMA N 1 Karangkobar Banjarnegara”. Skripsi. Semarang: Unnes.
Winataputra, Udin. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Banten: Universitas Terbuka.