PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) DENGAN MEDIA VIDEO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017

Main Article Content

Ratna Sari Dewi Harahap

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan menulis teks berita, dan perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe TTW dengan media video peristiwa Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini terbagi atas siklus I, dan siklus II Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan soal tes, observasi. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif menunjukkan hasil tes menulis teks berita, sedangkan data kualitatif menunjukkan proses pembelajaran dan perubahan perilaku siswa.  Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran menulis teks berita melalui model kooperatif tipe TTW ( Think Talk Write) dengan media video peristiwa mengalami perubahan lebih baik. Proses pembelajaran terjadi dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Kualitas pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan data tes nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 56.48, serta siklus II mencapai 80.67. Hal ini menunjukkan peningkatan dari tahap siklus I ke siklus II mencapai 42,82%. Berdasarkan hasil nontes, siswa juga mengalami perubahan perilaku. Siswa yang pada tahap Siklus I banyak melakukan sikap negatif seperti tidak memperhatikan penjelasan peneliti, tidak aktif dalam berkelompok, serta enggan bertanya ketika mengalami kesulitan, pada siklus I dan pada siklus II mulai menunjukkan perilaku yang positif.

Article Details

How to Cite
[1]
R. S. Harahap, “PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) DENGAN MEDIA VIDEO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 185, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

Agus Suriamiharja, dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Ahmadi, A. dan Tri Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia.
Akhaidah, Sabarti, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 2009. PembinaanKemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Andriani, M. 2008. Strategi Pembelajaran Think Talk Write. [Online]. Tersedia: http://mellyirzal.blogspot.com/2008/12/strategi-pembelajaran-think-talk-write.html. Diakses pada tanggal 28 Desember 2012.
Ansari. 2003. Ebookbrowse. http://ebookbrowse.com/modelpembelajaran-menulis-dengan-teknik-thik-pdf-d32454. Diakses Pada tanggal 2 Januari 2013.
Anshori, Dadang S. dan Khaerudin Kurniawan. (2005). Bahasa Jurnalistik. Bandung: Pusat Studi Literasi.
Arends, Richard I. 2008. Classroom Instrument and Management. USA: The Mc.Graw-Hill Companies.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Jakarta.
Broskoske, Stephen L. 2007. Prove Your Case: A New Approach to TeachingReserch Papers.http://find.galegroup.com/(diunduhpada 2 Januari 2013)
Cecilia dan Ikeguchi.1997. Teaching Integrated Writing Skill. Jurnal Internasional. http://iteslj.org/. (diunduh pada 2 Januari 2017) Chaer, Abdul. 2010. Kajian Bahasa: Struktur Internal, Pemakaian, dan Pemelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis KompetensiSekolah Menengah Pertama (SMP) Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Djuroto, Totok. 2005. Teknik Mencari dan Menulis berita. Malang: UMM Press
Eni. Zubaidah. 1997. Pengembangan Bahasa. Yogyakarta: FIP. UNY.
Faqih, Aunur Rohim, dkk. 2003. Dasar- dasar jurnalistik. Yogyakarta: LPPAIUII
Farhan, Korib. 2008. “Peningkatan Keterampilan Menulis Berita dengan pembelajaran kontekstual komponen pemodelan pada siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Kajoran kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2007/2008” . Skripsi. Unnes.
Hamalik, Oemar. 1986. Strategi Belajar mengajar. Bandung: Mandar maju
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan PendekatanSistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
HPBI.2011. EYD 2009 Dalam Bahasa Siswa. Semarang: Bandungan institute.
Ibrahim dan Nana Syaodih. 2000. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: AsdiMahasatya.
Johnson, D.W., & Johnson, R.1994. learning Together and Alone: Coopereative,Competitive, and individualistic, Englewood Cliff N.J,: Prentice Hall, inc.(terjemahan ebookbrowse http://ebookbrowse.com diunduh pada 4 Desember 2012)
Kridalaksana, Harimurti. 2005. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi sebuah pengantar kemahiran bahasa. flores: Nusa Indah
Kurniasari, Fetik. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menulis Berita dengan Model pembelajaran pair checks pada siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Jati Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2009/2010” . Skripsi. Unnes.
Muslich, Masnur. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurhadi dan Senduk, Agus Gerrad. 2003. Pembelajaran Kontekstual danPenerapannya dalam KBK . Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta
Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Silberman, M. 2001. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yapendis.
Siregar, R. (1987). Bahasa Indonesia Jurnalistik. Jakarta : Pustaka Grafika.