PENINGKATAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSIKAN BENDA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD T.A 2017/2018

Main Article Content

Tina Hasani Nst

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mendeskripsikan benda secara tertulis melalui pendekatan tematik dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas III SD Negeri 200117 Sadabuan.Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara guru kelas III sebagai peneliti dan guru kelas yang lain sebagai pengamat dalam penelitian. Penelitian ini dilakukan tiga siklus penelitian dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran mendeskripsikan benda secara tertulis ini menggunakan pendekatan tematik dengan memanfaatkan media gambar binatang sebagai media pembelajaran. Pengambilan subjek sebanyak 37 siswa, yang selanjutnya dibagi menjadi enam kelompok secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran melalui pendekatan tematik dengan memanfaatkan media gambar binatang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis skripsi dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan hasil prosentasi mendiskripsikan secara tertulis sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 27%, siklus I : 45,4%, siklus II : 59% dan siklus III : 86,3%. (2) pembelajaran melalui pendekatan tematik dengan memanfaatkan media gambar dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. (3) Pembelajaran melalui pendekatan tematik dapat meningkatkan keterampilan dan kreatifitas guru dalam pembelajaran.(4) Kesalahan – kesalahan yang dilakukan siswa dalam mendeskripsi secara tertulis dapat diatasi dengan pembelajaran melalui pendekatan tematik dengan memanfaatkan media gambar binatang.Dari hasil penelitian, disarankan kepada instansi pendidikan agar menggunakan gambar sebagai media pembelajaran mendiskripsikan secara tertulis.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Nst, “PENINGKATAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSIKAN BENDA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD T.A 2017/2018”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 180, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

Alfianto, Achmad. 2006. Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah, Metamorfosis Ulatmenjadi Kepompong. Artikel Pendidikan Network. Onlinehttp://re-researchengines.com, (accessed 24/10/07).
Anagram. 2007. Pentingnya Bahasa dalam Kehidupan. Onlinettp://reinemarie.wordpress.com, (accessed 27/04/08).
Ani, Diah. 2007. Pembelajaran Pakem. Sebuah Perjalanan Menuju Perubahan. Online http://mbeproject.net, (accessed 15/01/08).
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Arya Yanti, P. 2007. Menumbuhkan Budaya Menulis pada Anak. Online http://www.sabda.org, (accessed 24/02/08).
BNSP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Depdikbud. 1994. Kurikulum SD GBPP Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2007. Pembelajaran Aktif Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Online http://farhanzen.wordpress.com, (accessed 15/01/08).
Dikdasmen Diknas. 2002. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and learning(CTL)). Jakarta: Depdiknas.
Edi, S. 2003. Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melaluiPendayagunaan Media Kartu Bahasa pada Siswa II SDN 02 Wonosari Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. (Skripsi Universitas NegeriSemarang).
Hamidi, Z. 2001. P&P Kontekstual Sains dan Tematik. Onlinehttp://www.tutor.com.my, (accessed 22/11/07).
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Kusumah, W. 2007. Media Pembelajaran. Online http://wijayalabs.blogspot.com, (accessed 10/03/08).
Mastur, Zaenuri. 2004. Model Pembelajaran Lingkungan. Online. http//www.suaramerdeka.com, (accessed 06/11/07)
Muchith, M. Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL Media Group.
Pantow, Johana, dkk. 2002. Analisa Kemampuan Menulis Bahasa Inggris MahasiswaFKIP-UT. Online.http//digilib.itb.ac.id.com, (accessed 26/01/08)
PTK. 2008. Salah Satu Contoh PTK dalam Bidang Bahasa. Online http://aflahchintya23.wordpress.com, (accessed 10/03/08).
Purwaningtyas, Sri. 2007. Pengaruh Pendekatan Kontektual (CTL) terhadapKeterampilan menulis Deskripsi. Onlinehttp://pasca.uns.ac.id, (accessed10/03/08).
Purwanto, M, Ngalim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di SekolahDasar. Jakarta: Balai Pustaka.
Pusat Bahasa Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pustaka, Pepak. 2002. Aktivitas Menulis. Online http://pepak.sabda.org, (accessed 10/03/08).
Sadulloh, Uyoh. 2003. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sriwilujeng, Dyah, dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik. Malang: Erlangga.
Sukmana. 2004. Dinamika Proses Belajar. Online http://www.pikiran-rakyat.com, (accessed 15/01/08).
Syahrudin, D. 2007. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan KeterampilanMenulis Karangan Prosa. Onlinehttp://ind.sps.upi.edu, (accessed 10/03/08).
Wibowo, M.E. 2006. Panduan Menulis Karya Ilmiah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wijayanti, Ari. 2007. Pengajaran Bahasa Indonesia yang Efektif. Portal Dunia Guru. Online http://lubisgrafura.wordpress.com, (accessed 24/10/07).
Wikipedia Indonesia. 2006. Menulis. Online http://id.
wikipedia.org, (accessed 15/01/08).