ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCESBERBASIS BUDAYA BATAK ANGKOLA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Frida Marta Argareta Simorangkir Darinda Sofia Tanjung

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan salah satu pembelajaran yang memerlukan ide kreatif dan inovatif.Pembelajaran tematik dirancang untuk mewujudkan kondisi belajar yang bermakna bagi setiap siswa di kelas.Dengan demikian diperlukan pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan Multiple Intelligences berbasis budaya Batak Angkola.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan Multiple Intelligencesberbasis budaya Batak Angkola untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket dan wawancara.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pembelajaran tematik yang dilaksanakan dapat mengembangkan delapan kecerdasan yaitu kecerdasan linguistik-verbal, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan musikal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan naturalistik

Article Details

How to Cite
[1]
F. M. Simorangkir and D. Tanjung, “ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCESBERBASIS BUDAYA BATAK ANGKOLA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 302, Nov. 2019.
Section
Artikel

References

Akbar, S. 2012. Panduan Praktik :Implementasi dan Pengembangan Model-Model Pembelajaran Aktif Rumpun Sosial. Malang : Diktat tidak diterbitkan
Amstrong, T. 2013. Setiap Anak Cerdas : Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligences-nya. Terjemahan Rina Buntaran. 2003. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Delora Jantung Amelia. 2017. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik BerorientasiMultiple Intelligences di Kelas Awal SD Muhammadiyah 9 Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 3, No. 1, hal 13-28.
Dyah Tri Wahyuningtyas dan Raddin Nur Shinta. 2017. Pelatihan Media Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar di Gugus g Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, Vol. 14, No. 1, hal 8-11.
I. Safitri, H. Bancong, H. Husain. 2013. Pengaruh Pendekatan Multiple Intelligences melalui Model Pembelajaran Langsung terhadap Sikap dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tellu Limpoe. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol.2, No.2, hal 156-160
Kusumastuti, Ayuk, Sudiyanto dan Dini Octora. 2016. Faktor-faktor Penghambat Guru dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Tata Arta UNS, Vol. 2, No. 1, hal 118-133
Masdiana, I Made Budiarsa dan Hendrik Arung Lamba.2013. Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi pada Lingkungan Siswa Kelas I SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, Vol.3, No.2, hal 190-204
Mila Dwi Candra. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences pada Siswa Kelas V di SD Juara Gondokusuman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol IV, no. 1, hal 1-6
Muhammad Abduh. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol.2, No. 2, hal 121-132