ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 9-12 TAHUN DALAM MENULIS KARANGAN ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 9-12 TAHUN

Main Article Content

Monica Theresia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berbahasa anak usia 9-12 tahun yang duduk di bangku sekolah dasar di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Kota Padangsidimpuan. Objek penelitiannya anak usia 9-12 tahun yang duduk di bangku sekolah dasar di Kota Padangsidimpua. Sumber data penelitian ini adalah hasil karangan anak usia 9-12 tahun di Kota Padangsidimpuan. Metode pengumpulan data dengan metode observasi  dan wawancara kepada anak. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.  Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berbahasa anak usia 9-12 tahun yang dididik orang tua di Kota Padangsidimpuan dalam menulis karangan terdapat 78 kalimat yang memiliki ketepatan struktur dan 52 kalimat yang memiliki ketepatan kosakata. Keterampilan berbahasa anak usia 9-12 tahun yang dididik saudara di Kota Padangsidimpuan dalam menulis karangan terdapat 68 kalimat yang memiliki ketepatan struktur dan 46 kalimat yang memiliki ketepatan kosakata.  Keterampilan berbahasa anak usia 9-12 tahun  yang yang dididik oleh orang tua lebih tinggi daripada anak usia 9-12 tahun yang dididik oleh saudara di Kota Padangsidimpuan. Struktur kalimat anak yang dididik orang tua lebih sering menggunakan kalimat luas sedangkan anak yang dididik saudara lebih sering menggunakan kalimat sederhana. Kalimat yang ditulis anak yang dididik orang tua lebih tepat kosakatanya daripada kalimat yang ditulis anak yang dididik saudara dengan perbandingan 52:46.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Theresia, “ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 9-12 TAHUN DALAM MENULIS KARANGAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 54, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

Arsjad, Maidar dan Mukti. 2005. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
Parera, J.D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
Santrock, J.W. 2008. Psikologi Pendidikan. Alih Bahasa Tri Wibowo B.S. Jakarta : Kencana.
Slavin E.R. 2006. Educational Psychology Theory and Practice. Eighth Edition. New York: Person Education, Inc. Suparno. 2007. Bahan Ajar Cetak: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Nasional.Subarna dan Sunarti. 2012. Kamus Umum Bahasa Indonesia Lengkap. Bandung: Pustaka Grafika.
Sukini. 2010. Sintaksis Sebuah Panduan Praktis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Wijayanti, Sri Hapsari dkk. 2013. Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.