PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK OBSERVASI KELAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Jumahana .

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pemberian penguatan (reinforcement) pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik teknik observasi kelas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik teknik observasi kelas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan berhasil meningkatkan keterampilan guru dalam pemberian penguatan (reinforcement) pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian siklus II lebih tinggi dari pada hasil penilaian siklus I yaitu yaitu 67,5% meningkat menjadi 84,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik teknik observasi kelas dapat meningkatkan keterampilan guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan dalam pemberian penguatan (reinforcement) pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
J. ., “PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK OBSERVASI KELAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 348, Nov. 2019.
Section
Artikel

References

Danim Sudarwan. 2007. Pedoman Supervisi Pengajaran. Jakarta: Ditjen Dikdasmen
Husaini Usman. 2012. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Made Pidarta. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyono Abdurrahman. 1990. Konsep dan Teknik Apersepsi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Damai Jaya
Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press
Miles dan Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Piet Sahertian. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Pupuh Fathurrohman. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama
Syaiful Sagala. 2014. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Surya Yohanes. 2009. Keterampilan Memberi Penguatan. Bandung: Tarsito.
Sofia Hasibuan. 2010. Penguatan, Variasi, dan Keterampilan Menjelaskan dalam Mengajar. Jakarta: GP Press