PENYULUHAN CARA PENGGUNAAN OBAT DAN PENGECEKAN KOLESTEROL DARAH DI PUSKESMAS PIJARKOLING PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Yulia Vera Susi Yanti

Abstract

Pemerintah saat ini sedang berusaha meningkatkan motivasi dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatannya melalui program-program seperti BPJS kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) ataupun pemerikasaan bagi lansia yang biasanya dilaksanakan di posyandu. Melalui program BPJS yang menggratiskan biaya berobat dan perawatan di puskesmas atau di Rumah Sakit ini diharapkan masyarakat menjadi terbantu. Selain menggunakan jasa fasilitas kesehatan, masyarakat juga bisa menjaga kesehatannya sendiri dengan pola hidup sehat dan mampu mengontrol kolesterol darah, tekanan darah, asam urat dan mandiri. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi, pengetahuan atau wawasan tentang cara penggunaan obat yang baik dan benar serta memberikan keterampilan cara pengecekan kolesterol darah kepada masyarakat secara mandiri. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah presentasi dan demonstrasi pengecekan kolesterol darah. Kesimpulan yang dapat diambil  setelah kegiatan penyuluhan ini adalah bertambahnya pengetahuan  dan keterampilan masyarakat khususnya orang tua tentang cara penggunaan obat yang baik dan benar,dan cara pengecekan kolesterol darah secara mandiri di rumah dengan alat cek kolesterol darah. Saran yang dapat di berikan agar masyarakat khususnya orang tua dengan usia diatas 40 tahun lebih cerdas dalam menggunakan obat serta cara penyimpanannya dan mampu mengontrol kolesterol darah dengan pola hidup sehat dan olahraga. Selain itu perlu diupayakan penyuluhan kesehatan serupa dapat dilakukan di kelurahan lainnya sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat lebih luas yang lebih baik.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Vera and S. Yanti, “PENYULUHAN CARA PENGGUNAAN OBAT DAN PENGECEKAN KOLESTEROL DARAH DI PUSKESMAS PIJARKOLING PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 29, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

Astuti, N. R. (2015). Makanan-Makanan Tinggi Kolesterol. Yogyakarta: FlashBooks. Halaman 13-15, 17-20.
Bull, E. dan Morrell, J. (2007). Simple Guides Cholesterol. alih bahasa dr. Elizabeth Yasmine. Simple Guides Kolesterol. Jakarta: Erlangga. Halaman 21, 45.
Kemenkes. 2012, Penyakit Tidak Menular. Data dan Informasi Kesehatan Edisi 2, hal 1.
Mahatidanar, Andika. 2015. Manfaat Buah Apel (Malus domestica) untuk Pencegahan
Stroke pada Pasien Kolestrol Tinggi. J Agromed Unila . Volume 2 (3).