PENYULUHAN PEMAKAIAN PLASTIK SEBAGAI KEMASAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG AMAN DIGUNAKAN UNTUK KESEHATAN DI DESA LABUHAN RASOKI

Main Article Content

Ayus Diningsih Nur Aliyah Rangkuti

Abstract

Paparan terhadap zat tambahan pada plastik (plasticizers) berdampak luas terhadap kesehatan, khususnya pada anak. Plastik digunakan secara luas sebagai kemasan makanan dan minuman. Mengetahui bagaimana memilih dan menggunakan jenis plastik yang tepat yang akan berkontak dengan makanan penting untuk menghindari risiko paparan bahan kimia berbahaya pada plastik. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang jenis-jenis plastik dan penggunaan bahan plastik yang tepat di dalam rumah tangga. Sasaran kegiatan penyuluhan adalah masyarakat terutama ibu rumah tangga desa Labuhan Rasoki yang lebih sering menggunakan bahan plastik di dalam kemasan makanan. Berdasarkan identifikasi awal permasalahan, masyarakat terutama ibu rumah tangga sering menggunakan bahan plastik untuk tempat/wadah makanan. Berdasarkan data bahwa masyarakat sering menggunakan bahan plastic untuk tempat makanan yang masih dalam keadaan panas. Maka dari itu, perlu di laksanakan kegiatan yang meliputi penyuluhan tentang pemakaian plastik sebagai kemasan makanan dan minuman yang aman digunakan untuk kesehatan. Kegiatan ini berkontribusi dalam peningkatan taraf kesehatan masyarakat terutama pada dampak penggunaan bahan plastic.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Diningsih and N. Rangkuti, “PENYULUHAN PEMAKAIAN PLASTIK SEBAGAI KEMASAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG AMAN DIGUNAKAN UNTUK KESEHATAN DI DESA LABUHAN RASOKI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 17, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

Anti Limbah Plastik, http://www.angelfire.com/indie/shefoughtbravely/sejarah.htm diunggah pada 18/02/2019.
Rismayadi, Budi. 2017. Penyuluhan Kesadaran Masyarakat Seputar kampus Universitas Buana Perjuangan Karawang Mengenai Dampak Sampah Serta Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Kegiatan Ekonomi Kreatif. Universitas Buana Perjuangan Vol.1 (2).
Calafat AM, Ye X, Wong LY, Reidy JA, Needham LL. 2008. Exposure of the U.S. population to bisphenol A and 4- tertiary-octylphenol: 2003-2004. Environmental Health Perspective. 116:39-44.
https://regional.kompas.com/read/2019/03/01/1931261/tim-labfor-polri-ambil-sampel-limbah plastik-di-karawang-untuk-dicek. Penulis : Kontributor Karawang, Farida Farhan, diakses pada 02/03/2019.
Ilmiahwati, Cimi dkk. 2017. Edukasi Pemakaian Plastik Sebagai Kemasan Makanan dan Minuman Serta Resiko Terhadap Kesehatan Pada Komunittas di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Logista. Vol 1 (1).
Rahma, W, 2009. Bahaya Penggunaan Plastik. Seminar Kimia Universitas Palangkaraya.
Shea KM, Committee on Environmental Health. 2003. Pediatric exposure and potential toxicity of phthalate plasticizers. Pediatrics. 111:1467-1474.
Tim Labfor Polri Ambil Sampel Limbah Plastik di Karawang untuk Dicek Kandungannya Artikel Kompas.com