PENYULUHAN CARA PENYIMPANAN OBAT YANG BAIK DAN BENAR DI DESA LABUHAN LABO

Main Article Content

Cory Linda Futri Yulia Vera

Abstract

Berbagai masalah kesehatan, khususnya terkait obat masih ditemui di masyarakat. Berbagai permasalahan masyarakat kurang paham tentang penggunaan dan penanganan obat dengan benar. Salah satu cara pengelolaan obat yang baik dan benar adalah dengan menerapkan program DAGUSIBU ( Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang). Berdasarkan informasi yang diperoleh, Desa Labuhan Labo belum pernah mendapatkan informasi tentang DAGUSIBU sehingga perlu dilakukan sosialisasi tentang DAGUSIBU. Adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat paran padang membagikan informasi tentang penggunaan dan penanganan obat yang benar kepada anggota keluarganya Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pengenalan masalah, pelaksanaan sosialisasi DAGUSIBU dengan cara penyuluhan dan diskusi interaktif,. Kegiatan sosialisasi tentang DAGUSIBU berjalan dengan lancar. Tingkat kehadiran peserta sebanyak 89,3%. Para peserta yang hadir sangat antusias dalam mendengarkan penjelasan dan aktif bertanya terkait penggunaan obat dan penanganannya. Hal ini dapat menunjang terwujudnya program pemerintah dalam peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sosialisasi ini meningkatkan pemahaman peserta tentang pengelolaan obat dengan benar, diharapkan peserta dapat menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Futri and Y. Vera, “PENYULUHAN CARA PENYIMPANAN OBAT YANG BAIK DAN BENAR DI DESA LABUHAN LABO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 1, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

Chaerunissa, A.Y. Surahman, E., Imron, S.S. (2011). Farmasetika Dasar Konsep Teoritis dan Aplikasi Pembuatan obat: Bandung
Widya, Padjadjaran, Jimmy. (2015). Penyalahgunaan Narkoba di kalangan Remaja (Studi kasus pada Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang).