PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTELLIGENCE MAPPING PRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD N Hujung. penelitian ini bertujuan untuk : meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi Intelligence Mapping Presentation pada siswa kelas V SD N Hujung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan hipotesis Penerapan strategi Intelligence Mapping Presenetation mampu meningkatkan partisipasi belajar pada siswa kelas V SD N Hujung. Berdasarkan pengamatan serta analisis data, maka dapat disimpulkan beberapa hal yang diantaranya : 1) Penerapan strategi Intelligence Mapping Presenetation mampu meningkatkan partisipasi belajar pada siswa kelas V SD N Hujung, dan 2) Terjadi peningkatan partisipasi belajar siswa yang tinggi dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 34%.
Kata Kunci : partisipasi belajar, Intelligence Mapping Presenetation
Article Details
References
Aqib, Zainal, dkk, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Dewi, B. F. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Intelligence Mapping Presentation Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
H. Sujati, 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : FIP UNY.
Kasibolah , Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Depdikbud.
Saputra, R. R. (2019). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 7(1), 19-28.
Suprayogi, A. (2010). Hubungan Motivasi Belajar dan Partisipasi Siswa dalam Interaksi Edukatif dengan Prestasi Belajar pada Matadiklat Mengukur Menggunakan Alat Ukur Mekanik Presisi di SMK Muhammadiyah 1 K. SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin-Fakultas Teknik UM.