COGNITIVE ACTIVITIES ATTRIBUTE AND KNOWLEDGE ACHIEVEMENT ON THE NINTH GRADE INDONESIAN LANGUAGE BOOK TRAINING PRACTICE ISSUED BY THE MINISTRY OF EDUCATION AND CULTURE

Main Article Content

Dian Rahmawati Suhartono . Titik Indarti

Abstract

Penelitian ini mengkaji soal perlatihan aktivitas kognitif mengatribusikan beserta capaian pengetahuannya pada buku siswa. Data penelitian adalah soal berkategori HOTS, khususnya aktivitas mengatribusikan pada buku siswa kelas IX terbitan Kemendikbud. Teknik pengumpulan data penelitian adalah dokumentasi dan baca catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengatribusikan berupa kalimat interogatif dengan kata tanya apa, mengapa, dan bagaimana. Capaian pengetahuan berdasarkan hasil penelitian adalah pengetahuan konseptual subjenis klasifikasi dan kriteria dan pengetahuan faktual subjenis terminologi.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Rahmawati, S. ., and T. Indarti, “COGNITIVE ACTIVITIES ATTRIBUTE AND KNOWLEDGE ACHIEVEMENT ON THE NINTH GRADE INDONESIAN LANGUAGE BOOK TRAINING PRACTICE ISSUED BY THE MINISTRY OF EDUCATION AND CULTURE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 110, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

Anderson, Lorin W. dan David R. Krathwohl. 2017. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Daryanto dan Karim, Syaiful. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Fanani, Achmad dan Dian Kusmaharti. 2018. Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 9, No. 1, pp. 1–11.
Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX (edisi revisi 2018).
Musclich, Masnur. 2016. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nugroho, Arifin. 2018. HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: Grasindo.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Balai Pustaka. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.
Tim BSNP. Laporan BSNP Tahun 2010. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Wirandani, Tari, dkk. 2019. Analisis Butir Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada Soal Ujian Sekolah Kelas XII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK An-Nahl. Jurnal Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2, No. 4, pp. 485–494.