MODUL AJAR FISIKA DASAR BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) YANG EFEKTIF BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Main Article Content

Lia Purnama Sari Itgo Hatchi Ermawita S.Pd, M.Kom Mutia Kahanna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis PjBL bagi mahasiswa pendidikan fisika yang efektif. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development atau penelitian pengembangan. Research and development adalah metode penelitian yang dipakai dalam menghasilkan produk tertentu dan menguji kepraktisan dan keefektifan produk. Subjek penelitian yang digunakan adalah modul ajar berbasis PjBL. Dosen dan mahasiswa program studi pendidikan fisika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan merupakan responden dalam penelitian pengembangan modul ajar berbasis PjBL ini. Efektifitas pengembangan modul ajar ini dilihat dari aktivitas atau kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan penelitian pengembangan dan uji coba yang telah dilaksanakan dengan menggunakan modul ajar berbasis PjBL bagi mahasiswa calon guru fisika dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul ajar yang dikategorikan pada modul ajar efektif. Dari hasil penelitian tersebut, maka modul ajar berbasis PjBL ini dapat diguakan dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa program studi pendidikan fisika.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Sari, I. Hatchi, E. S.Pd, M.Kom, and M. Kahanna, “MODUL AJAR FISIKA DASAR BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) YANG EFEKTIF BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 272, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

Novianto,N.K., Masykuri, M, & Sukarmin. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 7(1), 81-92
Novitayani, L. (2014). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Priatna, K., Putrama, I.M., & Divayana, D.G.H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(1), 70-78.
Ramdhani, Sendi. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa Program Studi Matematika Dalam Membuat Bahan Ajar Dengan Perangkat Lunak Geogebra Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek.Jurnal Analisa Prodi Pendidikan Matematika, 2(3), 27-36.
Samanthis, A., & Sulistyo, E. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMKN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03(01), 23-29.
Saptiti, Y. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning untuk Mengoptimalkan Life Skills pada Siswa Kelas X SMAN 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi, 5(1), 41.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D .Bandung : Alfabeta
Tinenti, Rosinda Yanti. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP). Sleman: Deepublish.