POLA HUBUNGAN KERJA SAMA PRODI TADRIS IPS KONSENTRASI SEJARAH DENGAN MADRASAH ALIYAH KOTA PADANG SEBAGAI STAKEHOLDER DENGAN MODEL TWO-WAY COMMUNICATION UNTUK MENINGKATAN MUTU PRODI

Main Article Content

Abdi Tanjung Suryadi Fajri Sermal M.Ag. Rusli M.Ag.

Abstract

Keberadaan Prodi Tadris IPS Sejarah sebagai salah satu prodi yang ada di tingkat Universitas diharapkan memberikan konstribusi bagi masyarakat khususnya dibidang pendidikan, karena itu prodi  mampu menampung aspirasi masyarakat demi terwujudnya perkembangan pendidikan, dengan demikian prodi dapat memberikan pembuktian kepada publik dengan identitas yang melekat padanya, dan mengakar pada masyarakat, dengan memperhatikan ide-ide, menampung, dan merealisasikan aspirasi serta mampu menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah.


Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah dalam menjalakan programnya melibatkan stakeholder, sehinga adanya hubungan yang seimbang antara pihak prodi dengan pihak stakeholder. Dalam menjalakan hubungan antara Prodi Tadris IPS Konsetrasi Sejarah  dan stakeholder semenjak berdiri dari tahun 2007 sudah banyak melakukan hubungan kerja sama dengan stakeholder khusunya pihak sekolah Madrasah Aliyah.


Bentuk program yang telah dijalankan Prodi Tadris IPS Konsetrasi Sejarah dengan Madrasah Aliyah Kota Padang dengan menggunakan model two-way communication membawa pengaruh besar dalam menjalin hubungan kerjasama Prodi dengan Madrasah Aliyah Kota Padang, antara lain membentuk MGMP Guru Sejarah Madrasah Aliyah Kota Padang, seminar dan pelatihan guru-guru Madrasah Aliyah dalam pengembangan Kurikulum 2013, FGD tema-tema tertentu bidang pendidikan sejarah, olimpiade sejarah tingkat Madrasah Aliyah, Field Studi dan Study Arsip bersama mahasiswa Prodi Tadris IPS Sejarah dengan Siswa Madrasah Aliyah Kota Padang serta Pembuatan MOU Prodi Tadris IPS Sejarah dengan Madrasah Aliyah Kota Padang. Dengan adanya kerja sama tersebut bermanfaat bagi Madrasah Aliayah Kota Padang dan juga bagi Prodi Tadris IPS Konsetrasi Sejarah.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Tanjung, S. Fajri, S. M.Ag., and R. M.Ag., “POLA HUBUNGAN KERJA SAMA PRODI TADRIS IPS KONSENTRASI SEJARAH DENGAN MADRASAH ALIYAH KOTA PADANG SEBAGAI STAKEHOLDER DENGAN MODEL TWO-WAY COMMUNICATION UNTUK MENINGKATAN MUTU PRODI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 276, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010).

Barong Akreditasi Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah 2011.

Kementrian Agama IAIN Imam Bonjol Padang, Buku Panduan Akademik IAIN Imam Bonjol Padang, Tahun 2015/2016.

Onisimus Amtu, Manajemen Pendidikan di Era Otonomi daerah konsep, strategi, dan implementasi, (Bandung: Alfabeta, 2011).

Pedoman akademik IAIN Imam Bonjol Padang, Tahun 2014-2015.

Panduan, Profil, Dan Pengembangan Fakultas Tarbiyah, IAIN Alauddin Makassar, Tahun 2002-2003.

Ricardus Eko Indrajid & Ricardus Djokopranoto, Manajeman Perguruan Tinggi, (Yogyakarta: Cv Andi Offset, 2006).

Rusman, Manajemen Kurukulum, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Sasmi Nelwati, Dasar-dasar Kependidikan (Padang: IAIN IB Press, 2006).

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, No. 20 Tahun 2003, Pasal 3.