LESSON STUDY BERBASIS POINT SYSTEM TERHADAP KEAKTIFAN MAHASISWA

Main Article Content

Muhammad Syahril Harahap Rahmad Fauzi Sari Wahyuni Rozi Nasution Hanifah Nur Nasution

Abstract

Kunci suatu pembelajaran yang baik itu adalah dengan meningkatnya prestasi belajar. Prestasi belajar akan baik jika suasana pembelajaran dapat mengaktifkan mahasiswa. Saat siswa berfikir aktif mulai dari bertanya, berdiskusi, mencatat, memahami dan lainnya saat itu akan sangat berdampak pada prestasi peserta didik. Salah satu hal yang dapat meningkatkan aktifitas mahasiswa adalah pemberian poin (point system) dalam pembelajaran. Dengan system point akan memicu timbulnya aktifitas-aktifitas yang positif dalam pembelajaran. Dalam kajian ini dilaksanakan dengan Penelitian Tindakan Kelas dengan hasil peningkatkan aktifitas mahasiswa ke kategori tinggi. Sehingga, prestasi mahasiswa juga mengalami peningkatan per siklusnya.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Harahap, R. Fauzi, S. W. Nasution, and H. Nasution, “LESSON STUDY BERBASIS POINT SYSTEM TERHADAP KEAKTIFAN MAHASISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 262, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

[1] Wahidmurni, dkk, "Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik". Yogyakarta: Nuha Letera., 2015.
[2] A. Yarmani and D. Afrila, “ANALISIS FAKTOR LINGKUNGAN BELAJAR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA,” J. Ilm. DIKDAYA, vol. 01, no. 02, p. 135, 2018.
[3] Silberman, "Active Earning 101 Cara Belajar Mahasiswa Aktif". Bandung: Nusa Media, 2006.
[4] R. Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
[5] K. Fitriah, “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Students Teams Achievement Division),” LIKHITAPRAJNA J. Ilm. Fak. Kegur. Dan Ilmu Pendidik., vol. 18, no. 2, 2017.
[6] Dewi Silvana dan Harahap, MS, Efektifitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa" Jurnal MathEdu, Vol. 2 No. 3 2019