ANALISIS BEKAL AWAL BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI STKIP “TAPANULI SELATAN” PADANGSIDEMPUAN TAHUN MASUK 2014

Main Article Content

Seri Irawati Batubara

Abstract

Bekal awal belajar pada dasarnya merupakan keadaan pengetahuan atau keterampilan yang harus dimiliki terlebih dahulu oleh siswa ataupun mahasiswa sebelum mempelajari pengetahuan atau keterampilan baru. Bekal awal belajar mahasiswa pada Perguruan Tinggi merupakan kemampuan (hasil belajar) yang diperoleh mahasiswa tersebut pada jenjang sekolah menengah atas (SMA). Melalui bekal awal belajar ini seorang pendidik (fasilitator) dapat menentukan substansi yang akan diperluas dan diperdalam sesuai dengan kemampuan peserta didik. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan bekal awal belajar mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan di STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan.


Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Biologi STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan tahun masuk 2014 dan sampelnya adalah seluruh anggota populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase (untuk memetakan kelemahan dan keunggulan bekal awal belajar yang dimiliki mahasiswa) dan teknik korelasi pearson yang digunakan untuk melihat korelasi nilai SKHUN dan bekal awal belajar mahasiswa serta melihat korelasi antara bekal awal belajar dengan nilai biologi umum.


Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Mahasiswa yang memiliki bekal awal belajar kategori kuat lebih sedikit bila dibandingkan dengan mahasiswa  yang memiliki bekal awal belajar kategori lemah.; 2. Tidak terdapatnya korelasi antara bekal awal belajar dengan nilai SKHUN.; 3. Terdapat korelasi antara bekal awal belajar dengan nilai biologi umum.; 4. Penguasaan materi biologi berdasarkan indikator-indikator yang terdapat pada silabus biologi SMA kelas X-XII sudah termasuk pada kategori kuat.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Batubara, “ANALISIS BEKAL AWAL BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI STKIP ‘TAPANULI SELATAN’ PADANGSIDEMPUAN TAHUN MASUK 2014”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 118, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Amri, Zul. 2003. Pengembangan Tes dan Pengukuran Bekal Awal (Entry Level Test) Belajar Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FBSS Universitas Negeri Padang. Buletin PembelajaranNo. 01, Tahun 26, Maret 2003. ISSN 0216-0863
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Atmazaki. 1999. Profil Bekal Awal Belajar Mahasiswa Baru Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP Padang. Forum Pendidikan Nomor: 04, Tahun XXIV/Edisi Desember 1999
______. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Departemen pendidikan nasional (2003).Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: depdiknas
Depdikbud. 1986. Panduan Belajar ke Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI).
______. 2004. Peningkatan Kualitas Belajar. Jakarta: Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Furqon. 2009. Statistika Terapan untuk Penelitian. Cetakan ketujuh. ALFABETA: Bandung.
Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B.Uno. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kunandar. 2009. Guru Profesional. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Lufri. 1999. Laporan Penelitian Studi tentang Bekal Ajar Awal Mahasiswa Kependidikan dan Non Kependidikan di FPMIPA IKIP Padang. Padang
______ . 2000. Profil Bekal Ajar Awal dan Kemajuan Belajar Mahasiswa Program Kependidikan Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang. Forum Pendidikan Nomor: 04, Tahun XXV/ Edisi Desember 2000
______ .2007. Kiat memahami Metodologi dan melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.
Maizer Said. 2007. Buku Ajar Biologi Umum. Yokyakarta: FSR
Martono, Y.D. 2008. Pembelajaran Berbasis TIK dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Mudjijanti, Fransiska. 2011. Pengaruh Tes Masuk Berdasarkan Nilai Ujian Nasional (UN) Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMUK St. Bonaventura Madiun). Widyawarta No. 02 Tahun XXXV/Juli 2011. ISSN 0854-1981
Muhammad. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Pratiwi, dkk. 2006. Biologi. Jakarta: Erlangga
Priyono dan Titik Sayekti. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Rustaman,N.Y. 2002. Pendidikan Biologi dan Tren Penelitiannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI
______ . 1999. Laporan Penelitian Studi tentang Bekal Ajar Awal Mahasiswa K 2003. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suardiman, S. 1984. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Studing
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
.______ .2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjiono, Anas. 2008. Pengantar Statistik pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin. A.M. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tjalla, Awaluddin. 2014. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional (Pustaka.ut.ac.id/pdfartikel TIG 601) diunduh tanggal 02 Mei 2014.
Tim. 2012. Pedoman Akademik STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan Tahun 2012. Padangsidimpuan.
Tirtarahadja, Umar. dan S.L. Lalulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, B. Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Wartono, dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Sains. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi aksara
Winkel. W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia