THE PRESUPPOSITION IN CONFIRMATION UTTERANCE OF THE MATA NAJWA PROGRAMME

Main Article Content

Agustina Ria Santiningtyas Budinuryanta Yohanes Suhartono .

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis praanggapan dalam Acara Najwa. Fokus penelitiannya meliputi proposisi praanggapan dan determinasi praanggapan tuturan konfirmasi dalam acara Mata Najwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa tuturan konfirmasi dari pembawa acara acara Mata Najwa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode hermeneutika objektif dan metode analisis tujuan-cara. Untuk menentukan kesahihan data dilakukan triangulasi data dan diskusi dengan ahli dan teman sejawat. Temuan hasil penelitian ini dapat disebutkan sebagai berikut. Pertama, pada tuturan konfirmasi dalam acara Mata Najwa, penutur memiliki praanggapan berupa (1) proposisi yang diyakini benar oleh penutur, (2) proposisi yang diyakini petutur juga benar, (3) proposisi yang diyakini penutur bahwa petutur pasti tahu P, dan (4) proposisi yang diyakini benar oleh keduanya (penutur maupun petutur). Kedua, determinasi praanggapan pada tuturan konfirmasi dalam acara Mata Najwa berupa pemanfaatan: (1) hubungan anaforis, dan (2) hubungan kataforis

Article Details

How to Cite
[1]
A. Santiningtyas, B. Yohanes, and S. ., “THE PRESUPPOSITION IN CONFIRMATION UTTERANCE OF THE MATA NAJWA PROGRAMME”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 165, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Atlas, Jay David. 2005. Presupposition: The Handbook of Pragmatics. Blackwell Reference Online
Bach, Kent., Robert M. Harnish. 1982. Linguistic Communication and Speech Act. Masachussets: MIT Press.
Brown, Gillian dan George Yule. 1996. Analisis Wacana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cummings, Louise. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, Dede Rahmat. 2013. Faktor-faktor Penyebab Kemunculan Prasangka Sosial pada Pelajar. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Vol. 12, April 2013.
Kreckel, M. 1981. Communicative Acts and Shared Knoeledge in Natural Discourse. London: Academic Press.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodakarya.
Purba, Andiopenta. Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Majalah Pena, Vol. 1 No.1, Desember 2011.
Rufiah, Zuh. Kohesi dan Koherensi dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VIII SMP N 6 Bojonegoro. Edu-Kata, Vol. 1, Februari 2014.
Saifullah. Kebenaran Ilmiah Menurut Perspektif Filsafat Ilmu. http://www.researchgate.net. Desember 2017
Searle, John R. 1999. Expression and Meaning: Studies in the Theory of Speech Act. Cambridge : Cambridge University Press.
Siahaan, Lusmiati. 2015. Pemakaian Praanggapan pada Tuturan Wisatawan Asing dalam Berinteraksi dengan Penduduk Setempat di Ubud Bali. Tesis. Surakarta: Program Studi Magister Ilmu Linguistik, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi. 2013.Tindak Tutur dalam Wacana Interograsi di Pondok Pesantren Tanwirul Qulub Lamongan. Tesis. Surabaya: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya.
Winarni, Lilis Wahyu. 2015. Analisis Praanggapan Pernyataan Humor dalam Stand Up Comedy Indonesia. Tesis. Bandung: Program Studi Linguistik Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
Yule, Brown. 1996. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press