THE MORAL VALUE OF JEAN LOUISE SCOUT IN HARPER LEE’S TO KILL A MOCKINGBIRD (1960) AND GO SET A WATCHMAN (2015)

Main Article Content

Wiweko Aksan Nugraha Fabiola D Kurnia Ali Mustofa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dua novel lanjutan dari pengembangan kepribadian Jean Louise Scout dalam dua novel Harper Lee, How to Kill a Mockingbird and Go Set a Watchman dari aspek psikologis yang melahirkan nilai moral menggunakan teori psikoanalisis Jacques Lacan. Ini adalah penelitian kualitatif dan data penelitian diambil dari dua elemen novel seperti kata-kata, frasa, kalimat, kutipan, monolog, dan dialog sedangkan data pendukung dikumpulkan dari buku, jurnal, tesis sebagai studi pendahuluan dan esai yang relevan untuk analisis novel. Berdasarkan analisis data, hasilnya menunjukkan bahwa dalam To Kill a Mockingbird konfliknya adalah konflik masa kanak-kanak seperti bullying, kehidupan sekolah, dan persahabatan. Namun, dalam menetapkan penjaga, Scout harus berurusan dengan dunia yang lebih dewasa seperti cinta, ideologi, pengakuan dan penerimaan dari masyarakat dll. Perkembangan besar-besaran ini terjadi dalam setidaknya tiga aspek kehidupan kognitif emosional, moral dan agama. Selanjutnya, dari dua novel ini yang menangkap perkembangan pribadi Scout, nilai moral yang besar dalam hal rasisme. Selain itu, cara bagaimana Atticus mengasuh anaknya cukup mengesankan dan penuh kebapakan. Sebagai contoh, ketika Atticus menjadi pelindung bagi keluarganya dan bahkan masyarakat dari anjing gila dan bagaimana ia melindungi Jem agar tidak dituduh sebagai pembunuh Bob Ewell. Selain itu, Atticus mengajar anak-anaknya untuk menjadi kuat dan tidak marah ditindas

Article Details

How to Cite
[1]
W. Nugraha, F. Kurnia, and A. Mustofa, “THE MORAL VALUE OF JEAN LOUISE SCOUT IN HARPER LEE’S TO KILL A MOCKINGBIRD (1960) AND GO SET A WATCHMAN (2015)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 193, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C. K., & Razavieh, A. (2010). Introduction to Research in Education (8th Editio). Belmont, California: Wadsworth.
Barthes, R. (n.d.). Go set a watcman.
Barthes. R. (1977). Image, Music, Text. London: Fontana.
Creswell, J. W. (2007). Qualitative enquiry & research design, choosing among five approaches. SAGE (Vol. 2nd ed). California: Sage Publication.Inc. https://doi.org/10.1016/j.aenj.2008.02.005
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Educational Research (Vol. 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Clukey, A. (2015). The Sexual Politics of Massive Resistance. Contemporary Literature, 705-716.
Foca, A. (2018). To Kill A Mockingbird by Harper Lee. Encylcopedia Britannica.
Hakala, L. (2010). Scouting for a Tomboy : Gender-Bending Behaviors in Harper Lee ’ s To Kill A Mockingbird.
Hossain, M. (2017). Ideological Conflict and Coming of Age Affinity Between Patriarchy and Feminism in Harper Lee's Go Set A Watchman.
Jay, G. (2015). Queer Children and Representative Men: Harper Lee, Racial Liberalism, and the Dilemma of To Kill a Mockingbird. American Literary History, 487-522.
Jr, R. E. A. (2016). Growing Up with Scout and Atticus: Through Go Set A Watchman, 248 (2015).
Kelley, J. (2016, October). Reading To Kill a Mockingbird and Go Set a Watchman as Palimpsets . The Explicator, pp. 1-12.
Kennedy, D. (2010). To Kill a Mockingbird isn’t a great book but it made America a better place. The Guardian.
Krol, L. (2016). Scout's Development in To Kill a Mockingbird and Go Set a Watchman-A Psychoanalytical Approach.
Lee, N. H. (1960). To kill making bird. London: William Heinemann.
Lee, N. H. (2015). Go Set a watchman. London: William Heinemann.
Levy, D. S. (2015). How to Kill a Mockingbird Reflects the Civil Right Movements. http://time.com/3928162/mockingbirs-civil-rights-movement.
Loevinger, J. (1976). Ego development: Conceptions and theories. American Psychologist , 175.
Loudová, I., & Lašek, J. (2015). Parenting style and its influence on the personal and moral development of the child. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1247–1254. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.744
Rezazade, F., & Zohdi, E. (2017). The Influence of Childhood Training on the Adulthood Rejection of Discrimination in Go Set a Watchman. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 15-24.
Scienes, S. (2018). The Child’s Perspective in To Kill a Mockingbird and The Kite Runner.
Shield, C. J. (2006). Mockingbird - A Portrait of Harper Lee. St. Marting Griffin.
Sivils, J. (2016). From Scout to Jean Louise.
Taylor, S., Bogdan, R., & DeVault, M. (2015). Introduction to qualitative research methods: A guidebook and resource. John Wiley and Sons.
Wolfreys, J. (2000). Readings: Acts of close reading in literary theory. Edinburgh: Edinburgh University Press.