PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SINGKARAK

Main Article Content

Magrina Taurusia Ramalis Hakim

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktifitas belajar siswa, kurang memperhatikan pelajaran, rasa keingintahuan siswa yang masih rendah. Ketika guru mengajukan pertanyaan, banyak siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT)  untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas III SDN 01 Singkarak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas III SDN 01 Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak meningkat. Meningkatnya hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dipoleh pada siklus I pertemuan 1 adalah 63,75, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 73,13. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 76,87, pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 86,25.Dari paparan hasil belajar tersebut dapat dikatakan pelaksanaan penelitian ini telah berhasil.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Taurusia and R. Hakim, “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SINGKARAK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 199, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Anwar Sutoyo. 2009. Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Artayasa, I Putu (2018), The Effect of Three Levels of Inquiry on the Improvement of Science Concept Understanding of Elementary School Teacher Candidates., Vol.11: 235-248.
Depdiknas. (2006). Panduan KTSP. Jakarta: Depdiknas.
Rusliana, Ade. (2007). Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar, Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Sulistyorini. Sri. 2007. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana.
Suparman. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Melalui Media Gambar Di Kelas II SDN 03 Lakea Kab. Buol. Vol. 5 (3):78-91.
Soetomo. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Sudijono. Anas. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.