THE USE OF TEACHER TALK IN MAKING STUDENTS ENGAGED IN EFL CLASSROOM INTERACTION

Main Article Content

Siti Astri Yoana Oikurema Purwati Syafi’ul Anam

Abstract

Di dalam proses pembelajaran, guru mempunyai peran yang sangat penting. Guru melakukan banyak hal di dalam kelas dan aktifitas yang paling banyak adalah berbicara. Yaitu, berkomunikasi dengan murid sebagai usahanya dalam mempresentasikan dan mendiskusikan materi sejelas-jelasnya. Bahkan, studi ini memeriksa fitur interaksional dalam tuturan guru yang di temukan dan bagaimana membuat murid terlibat di dalam kelas interaksi EFL. Sebagai hasilnya, penelitian ini diharapkan untuk dipelajari lebih jauh sebagai pengembangan kualitas ucapan guru di dalam kelas interaksi EFL. Studi ini adalah studi kualitatif untuk mendiskripsikan fitur interaksi oleh Walsh (2006) yang ditemukan selama proses pembelajaran, bagaimana fitur tersebut membuat siswa terlibat, dan bagaimana fitur tersebut memfasilitasi siswa untuk berbicara bahasa inggris. Studi ini melibatkan dua guru bahasa inggris di sekolah menengah atas sebagai subyek. Penelitian ini menunjukkan bahwa dari dua guru yang di observasi, ada 9 fitur interaksi dalam ucapan guru yang ditemukan selama dua kali proses observasi di kelas. Fitur interaksi yang di temukan adalah scaffolding, direct repair, referential question, seeking clarification, confirmation checks, teacher echo, extended teacher turn, turn completion, and display question. Content feedback, extended wait time, extended learner turn, teacher interruptions, dan form-focused feedback adalah fitur yang tidak di temukan. Dari fitur-fitur tersebutt menciptakan aksi insiasi, usaha, perhatian, dan keterlibatan perilaku. Sejak tuturan guru sangat penting untuk membantu siswa dalam penguasaan bahasa, guru diharapkan untuk memahami bahasa yang mana yang lebih efisien dalam membuat suasana yang kondusif di dalam kelas.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Yoana, O. Purwati, and S. Anam, “THE USE OF TEACHER TALK IN MAKING STUDENTS ENGAGED IN EFL CLASSROOM INTERACTION”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 205, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Aisyah, Nurul. (2016). An Analysis of Teachers’ Talk in EFL Classroom. Journal of English and Education 2016, 4(2), 63-79
Ary et. al. (2010). Introduction to Research in Education (8th ed.). Wadsworth: Cengage Learning.
Astuti, Nanik Dwi (2017). Classroom Interaction in Teaching Speaking in Full Day Junior High School. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Brown, H.D. (1994). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Brown, H.D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Pearson Education
Chaudron, C. (1988). Second Language Classrooms: Research on Teaching and Learning. Cambridge: Cambridge University Press.
Cook, V. (2000). Second Language Learning and Language Teaching (2nd ed.). Beijing: Foreign Language Teaching and Research Press.
Creswell, John W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.
Creswell, John W. (2014). Research design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th edition). London : Sage Publication, Inc.
Cullen, Richard. (1998). Teacher Talk and the Classroom Context. English Language Teaching Journal Vol. 25 No. 3, 179-187.
Dagarin, M. (2004).Classroom Interaction and Communicate Strategies in Learning English as a Foreign Language.. Ljubljana: Birografika Bori.
DeVito, M. (2016). Factors Influencing Student Engagement. Unpublished Certificate of Advanced Study Thesis, Sacred Heart University, Fairfield, CT. Retrieved from http://digitalcommons.sacredheart.edu/edl/11.
Dick et. al. (2005). The Systematic Design of Instruction, 6th Ed. Boston, MA: Pearson A&B.
Emaliana, Ive. (2017). Teacher-Centered or Student-Centered Learning Approach to Promote Learning?. JSH, Vol.10 Ed. 2.
Erickson, F. (1984). What Makes School Ethnographic ‘Ethnographic?’. Anthropology and Education Quarterly, Vol. 15, 51-56.
Hall, J.K. &Walsh, M. (2002). Teacher-Student Interaction and Language Learning. Annual review of Applied Linguistics, 22, 186-203.
Harmer, J. (2001). The Practice of English Language Teaching. England: Longman
Hattie, John. (2012). Visible Learning for Teachers. New York: Routledge.
Holden, Jolly T. (2009). A Quick Reference Guide to Developing Cognitive Learning Objectives. FDGLA.