THE CHALLENGES OF ONLINE PEER REVIEW OF STUDENTS’ NARRATIVE WRITING IN INSTAGRAM

Main Article Content

Frederick Lukas Tahapary Oikurema Purwati Ahmad Munir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesulitan siswa dari implementasi peer review secara online di dalam pengajaran menulis Bahasa Inggris pada level siswa menengah kejuruan. Studi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa melalui proses dari online peer review di Instagram. Data yang diambil untuk penelitian ini berupa jawaban siswa yang diambil melalui interview yang semi struktur. Subjek dari studi ini merupakan seorang guru dan 32 murid, yang terdiri dari 7 murid laki-laki dan 25 murid perempuan. Studi ini dilakukan dari bulan September hingga Oktober tahun 2019. Dari hasil temuan, semua siswa memasang teks naratif mereka pada akun Instagram mereka. Kesulitan siswa ketika melakukan peer review adalah memahami kesalahan dari teks naratif teman mereka dan kebahasaan yang digunakan di teks-teks tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, proses dari online peer review dapat digunakan sebagai alternatif yang positif untuk mengganti metode pengajaran yang dirasa monoton. Online peer review juga dapat digunakan untuk menciptakan aktifitas produktif untuk siswa, namun, pemahaman siswa terhadap teks atau topik yang digunakan dan juga praktik dari online peer review harus menjadi hal yang penting untuk dipahami sebelum menerapkan online peer review di media sosial.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Tahapary, O. Purwati, and A. Munir, “THE CHALLENGES OF ONLINE PEER REVIEW OF STUDENTS’ NARRATIVE WRITING IN INSTAGRAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 210, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C. K., & Walker, D. A. (2010). Introduction to Research in Education. California: Wadsworth.
Atay, D. & Kurt, G. (2006). "Prospective Teachers and L2 Writing Anxiety". Asian EFL Journal, 8 (4), pp. 100–118.
Black, P. (2003). Assessment for Learning: Putting into Practice. Buckingham: Open University Press.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Educational Research (Vol. 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Demir, M. (2018). Using online peer assessment in an Instructional Technology and Material Design course through social media. Higher Education, 75(3), 399-414.
Falchikov, N. (2001). Learning together Peer tutoring in higher education. London: Routledge.
Fareed, M., Ashraf, A., & Bilal, M. (2016). ESL Learners’ Writing Skills: Problems, Factors and Suggestions. Journal of Education and Social Sciences, 4(2), 81–92. https://doi.org/10.20547/jess0421604201
Furstenberg, G. (1997). Teaching with Technology. New York: ADFL.
Handayani, A., Cahyono, B., & Widiati, U. (2018). The Use of Instagram in the Teaching of EFL Writing: Effect on Writing Ability and Students’ Perceptions. Studies in English Language Teaching. 6. 112. 112. 10.22158/selt.v6n2p112.
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Cambridge: Pearson.
Hartfiel, V. F. (1985). Learning ESL composition. Massachusetts: Newbury House.
Hassanien, M. A., Al-Hayani, A., Abu-Kamer, R., & Almazrooa, A. (2013). A six step approach for developing computer based assessment in medical education. Med Teach, 35(s1), S15–S19.
Jenkins, H., Clinton, K., Purushtoma, R., Robison, A., & Weigel, M. (2009). Confronting the challenges of participatory culture: Media education for the 21 century. Cambridge: MIT Press.
Kelly, R. (2015). An Exploration of Instagram to Develop ESL Learners’ Writing Proficiency. Unpublished Master’s Dissertation. British Council: Ulster University.
Leverenz, C. S. (2014). Design Thinking and the Wicked Problem of Teaching Writing, Computer and Composition, 33, 1-12
Lim, E. C., Ong, B. K., Wilder-Smith, E. P., & Seet, R. C. (2006). Computer-based versus pen-and-paper testing: students’ perception. Med Singapore, 35(9), 599–603.
Narciss, S. (2008). Feedback Strategies for Interactive Learning Tasks. Educational Communication and Technology. 3. 125-144.
Ryandini, E. Y. (2019). Are Peer Feedback Activity Essential in Online Argumentative Writing?. English, Teaching, Learning and Research Journal. 5. https://doi.org/10.24252/Eternal.V51.2019.A9
Tabatabaei, O., & Assefi, F. (2012). The Effect of Portfolio Assessment Technique on Writing Performance of EFL Learners. English Language Teaching. 5. 138-147. 10.5539/elt.v5n5p138.
Wekke, I. S., & Hamid, S. (2013). Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 83. 585-589. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.111